Studi struktur komunitas Anura sebagai bioindikator lingkungan di wilayah air terjun Tretes Kabupaten Jombang dan air terjun Dlundung Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibisana, Oki Rahmatirta (2023) Studi struktur komunitas Anura sebagai bioindikator lingkungan di wilayah air terjun Tretes Kabupaten Jombang dan air terjun Dlundung Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oki Rahmatirta Wibisana_H91219052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anura merupakan kelompok organisme penyusun biodiversitas yang sangat bergantung pada ekosistem, karena memiliki dua fase hidup yang bergantung pada habitat. Kerusakan habitat dapat mempengaruhi struktur komunitas anura di alam. Anura berperan sebagai komponen rantai makanan, pengendali populasi, dan bioindikator lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022-Maret 2023 di air terjun Tretes dan Dlundung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur komunitas anura di berbagai tipe habitat dan hubungan kondisi lingkungan dengan struktur komunitas anura. Metode penelitian menggunakan Visual Encounter Survey (VES). Data pengamatan adalah Indeks keanekaragaman, indeks dominansi, indeks kemerataan dan kelimpahan relatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa air terjun Tretes memiliki indeks keanekaragaman lebih tinggi dengan nilai H’=1,45, dibanding air terjun Dlundung dengan nilai H’=0,89, namun secara umum keanekaragaman pada kedua lokasi tergolong rendah. Hasil pengamatan dijumpai 5 famili, 8 Spesies anura dengan 178 individu pada air terjun Tretes dan 9 Spesies dengan 553 individu. Berdasarkan Spesies yang ditemukan, air terjun Tretes tergolong lingkungan alami, karena ditemukan Leptobrachium hasselti yang menjadi bioindikator. Spesies ini ditemukan dengan kelimpahan lebih tinggi dibanding Spesies lain. Pada air terjun Dlundung tergolong pada lingkungan yang mulai mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan terdapat Spesies Chalcorana chalconota yang menjadi indikator lingkungan tercemar, memiliki kelimpahan lebih tinggi dibanding Spesies lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibisana, Oki Rahmatirtaokirahmatirtawibisana@gmail.comH91219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Mochammad Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmalafirdhausi@gmail.com2025068501
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Keywords: Komunitas Anura; bioindikator lingkungan; wisata air terjun
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: oki rahmatirta wibisana
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:04
Last Modified: 25 Jul 2023 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64070

Actions (login required)

View Item View Item