Model project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi jaring-jaring kubus dan balok bagi siswa kelas V MI Al Fahmi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusniyah, Nafidatul (2023) Model project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi jaring-jaring kubus dan balok bagi siswa kelas V MI Al Fahmi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafidatul Chusniyah_D07219023.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MI AL Fahmi Surabaya, diperoleh data tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki masing-masing peserta didik masih kurang, sulitnya siswa menguasai suatu materi pelajaran yang diajarkan oleh guru dan pembelajaran yang terjadi tidak bervariasi, monoton, dan tidak berkembang, yang diperoleh dari hasil posttest dan pretest yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V pada materi jaring-jaring kubus dan balok yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PJBL lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional di MI AL Fahmi Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment (eksperimen semu). Metode penelitian yang dipakai yaitu Quasi Eksperimen Desaign, jenis desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V MI AL-Fahmi tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 38 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa yang menjadi 2 kelas, yaitu kelas V A sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen di MI AL-Fahmi sebanyak 18 siswa. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes essay kemampuan berpikir tingkat tinggi pada matematika. Pengelolaan data menggunakan uji statistik diantaranya uji normalitas, uji homogenitas harian, uji perbedaan dua sampel dan analisis gain ternormalisasi. Hasil uji Homogenitas data pre-test kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004 dan hasil uji homogenitas data pre-test kelas eksperimen memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,108. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi awal siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan. Hasil uji Mann Whitney U data post-test kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,343 dan hasil uji Homogenitas data post-test kelas eksperimen memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil Uji N-gain data pre-test dan post-test kelas eksperimen menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 0,77 yaitu pada kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok setelah memperoleh model PJBL/ (Project Based Learning). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas V MI Al-Fahmi Surabaya dilaksanakan dengan baik, dan 80% siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) yang benar seharusnya berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusniyah, Nafidatulchusniyah43@gmail.comD07219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Project learning; keterampilan berpikir; jaring-jaring kubus dan balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nafida Nafida Chusniyah
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:36
Last Modified: 08 Aug 2023 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64072

Actions (login required)

View Item View Item