Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan media audio visual di kelas IV MI Mamba'ul Huda Karangbendo Ponggok Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro', Qumil Laila (2000) Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan media audio visual di kelas IV MI Mamba'ul Huda Karangbendo Ponggok Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qumil Laila Zahro_D07219027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Permasalahan yang timbul yaitu siswa kurangnya motivasi dalam belajar matematika karena guru hanya menggunakan media pembelajaran yang berfokus pada buku paket sehingga kurang efektif dan kurang menyenangkan. Siswa sangat kurang antusias saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa yang pada pembelajaran siswa sebelumnya ketuntasan belajarnya sebesar 43%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan media audio visual. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Mamba’ul Huda Karangbendo Ponggok Blitar. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas IV MI Mamba’ul Huda Karangbendo Ponggok Blitar. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Hopkins yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan (Observasi), 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mamba’ul Huda Karangbendo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media audio visual mampu meningkatkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 2,43 (Baik) dan meningkat menjadi 3,85 (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 2,14 (Cukup) dan meningkat menjadi 3,85 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan media audio visual yang ditandai dengan peningkatan persentase tes tulis pada siklus I adalah 43% dan pada siklus II menjadi 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro', Qumil Lailaqumillzhr30@gmail.comD07219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; mata pelajaran Matematika; media audio visual
Depositing User: qumil laila
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:25
Last Modified: 09 Aug 2023 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64075

Actions (login required)

View Item View Item