Pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa Kelas V MI Darussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfuda, Ulfia Ilma (2023) Pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa Kelas V MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfia Ilma Mahfuda_ D97219108 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Guru lebih banyak menjelaskan materi dengan cara menerjemahkan langsung teks Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia pada buku LKS Bahasa Arab dan meminta siswa untuk menuliskan maknanya. Kegiatan pembelajarannya juga monoton sehingga siswa tidak terlibat aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar Bahasa Arab pada siswa kelas V MI Darussalam Sidoarjo. Oleh karena itu, peneliti melakukan sebuah perbaikan dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada materi fil maqshof menggunakan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media flash card pada siswa kelas V MI Darussalam Sidoarjo dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V di MI Darussalam Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan adalah jenis desain Pre-Experimental Design dengan tipe one group pretest-posttest design yang mana pada desain ini terdapat pada satu kelompok saja tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan tes sesudah perlakuan (post-test). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test peserta didik memiliki nilai sebesar 52,43, sedangkan nilai rata-rata post-test peserta didik sebesar 84,10. Selisih nilai rata-rata pada pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar Bahasa Arab sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan media flash card. Hasil analisis uji paired sample t-test pada penelitian ini menunjukkan nilai sig. (2 tailed) 0,000 atau sig. < 0,05, sehingga Ho ditolak Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa kelas V MI Darussalam Sidoarjo. Adapun hasil uji n-gain diperoleh rata-rata yakni 0,6992. Berdasarkan hasil tersebut maka pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa kelas V MI Darussalam Sidoarjo berada pada kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfuda, Ulfia Ilmaulfiamahfuda@gmail.comD97219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Flash Card; hasil belajar; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfia Ilma Mahfuda
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:05
Last Modified: 08 Aug 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64077

Actions (login required)

View Item View Item