Pengaruh program Gerakan Asah, Asih, Asuh (GA3) terhadap pembentukan kepribadian muslim peserta didik SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Mohammad Ivani Rizky (2023) Pengaruh program Gerakan Asah, Asih, Asuh (GA3) terhadap pembentukan kepribadian muslim peserta didik SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ivani Rizky Saputra_D01219035 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan tidak akan terlepas dengan berbagai masalah, terutama pada lembaga pendidikan formal atau sekolah. Di sekolah tentu saja dapat ditemukan berbagai masalah pendidikan di dalamnya. Masalah tidak akan bisa dihindari, akan tetapi tetap harus ada usaha dalam mengelolah masalah tersebut. Dengan berbagai masalah tersebut, setiap sekolah memiliki cara masing-masing dalam meminimalisir. Salah satu cara yakni dengan membuat program pendidikan atau program sekolah. Dengan adanya program sekolah, tidak menutup kemungkinan akan dapat menanggulangi berbagai permasalahan pendidikan yang ada pada peserta didik. Dengan program sekolah ini juga, dimaksudkan dalam pembuatannya yakni bertujuan dalam rangka membentuk karakter peserta didik agar berkepribadian Muslim. Penulis memilih program Gerakan Asah, Asih, Asuh SMPN 5 Sidoarjo sebagai objek penelitian, dikarenakan didalam tujuan pembuatan program tersebut terkandung nilai-nilai pembentukan kepribadian Muslim pada peserta didik SMPN 5 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program Gerakan Asah, Asih, Asuh terhadap pembentukan kepribadian Muslim peserta didik SMPN 5 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berupa Google Form, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan linearitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program Gerakan Asah, Asih, Asuh di SMPN 5 Sidoarjo telah berjalan dengan baik dan terlaksana secara terstruktur dibuktikan dengan rata-rata poin dari 10 pernyataan angket yang telah didistribusikan kepada peserta didik yaitu sebesar 34,8375 (skor maksimal 40). 2) Kepribadian Muslim peserta didik SMPN 5 Sidoarjo sudah terbentuk dengan baik dibuktikan dengan ratarata poin didapatkan dari 10 pernyataan angket yang telah didistribusikan kepada peserta didik yaitu sebesar 34,325 (skor maksimal 40). 3) Melalui uji regresi linear menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh program Gerakan Asah, Asih, Asuh terhadap pembentukan kepribadian Muslim peserta didik SMPN 5 Sidoarjo sebesar 61,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Mohammad Ivani Rizkyivanisaputra20@gmail.comD01219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Kepribadian
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Program; Asah; Asih; Asuh; Kepribadian; Muslim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Ivani Rizky Saputra
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:52
Last Modified: 14 Aug 2023 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64078

Actions (login required)

View Item View Item