Pemodelan regresi semiparametrik penalized spline pada data stunting di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferryan, Dhandy Ahmad (2023) Pemodelan regresi semiparametrik penalized spline pada data stunting di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhandy Ahmad Ferryan_H92219045 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Stunting merupakan masalah kurangnya pemenuhan gizi pada bayi secara kronis. Nilai stunting di Indonesia dikatakan tinggi dengan nilai 21,6% karena berada di atas dari standar yang ditetapkan WHO sebesar 20%. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model stunting yang ada di Indonesia dan mengetahui akurasi model yang dari model yang didapatkan. Penelitian ini menggunakan metode regresi semiparametrik penalized spline dalam memodelkan stunting. Variabel yang digunakan dalam melakukan pemodelan ini diantaranya penerimaan ASI eksklusif (x1), kelayakan sanitasi (x2), sumber air minum yang layak (x3), rata-rata lama sekolah (x4), penerimaan imunisasi dasar lengkap (x5), dan bayi yang memiliki berat badan lahir rendah (x6). Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode semiparametrik penalized spline pada data stunting di Indonesia dihasilkan model terbaik yang berada pada 1 knot orde 2 dengan lambda 0.9 dengan MAPE sebesar 26.36%. Nilai MAPE di atas dapat menyimpulkan bahwa model yang dihasilkan dari penelitian ini merupakan model dengan keakuratan yang cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferryan, Dhandy Ahmaddhandyahmad8@gmail.comH92219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.id0728058802
Subjects: Indonesia
Matematika
Keywords: Stunting; regresi; linier; penalized spline; regresi semiparametrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Dhandy Ahmad Ferryan
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:35
Last Modified: 08 Aug 2023 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64082

Actions (login required)

View Item View Item