Pengaruh kegiatan Qiyamul Lail terhadap pembentukkan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Al Jihad Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Biaunillah, Afiqoh (2023) Pengaruh kegiatan Qiyamul Lail terhadap pembentukkan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Al Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afiqoh Biaunillah_D71219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum santri pondok pesantren Al Jihad Surabaya mengalami kemalasan saat berjamaah khususnya pada saat pembiasaan sholat malam dan ketika ada kegiatan pondok kurang andilnya santri untuk mengikutinya. Sehingga tingkat kecerdasan spiritualitasnya masih dikatakan masih belum terkontrol. Maka dari itu dibentuknya program kegiatan Qiyamul Lail. Dengan harapan agar santri lebih terbentuknya kecerdasan spiritualnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui : 1) Pelaksanaan kegiatan Qiyamul lail santri pondok pesantren Al Jihad Surabaya, 2) Kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Al Jihad Surabaya, 3) Pengaruh kegiatan Qiyamul lail terhadap pembentukan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren Al Jihad Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk field research (penelitian lapangan) melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang Tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan antara dua variabel (Kegiatan Qiyamul Lail dan Kecerdasan Spiritual) dan untuk melihat Pengaruh Kegiatan Qiyamul Lail Terhadap Pembentukkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Al Jihad Surabaya. Teknik sampel yang digunakan penelitian ini adalah sampling random (random sampling). Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan Kuesioner/angket. Serta penggunaan analisisnya menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : 1) Pelaksaan Kegiatan Qiyamul Lail santri pondok pesantren Al Jihad Surabaya berjalan dengan sangat baik dapat dibuktikan dari hasil wawancara dan hasil angket dengan perhitungan rumus analisis deskriptif prosentase yang menghasilkan skor 84%. 2) Kecerdasan Spiritual santri pondok pesantren Al Jihad Surabaya berjalan dengan sangat baik dapat dibuktikan dari hasil wawancara dan hasil angket dengan perhitungan rumus analisis deskriptif prosentase yang menghasilkan skor 87%. 3) Ada pengaruh yang signifikan dari penelitian “Pengaruh Kegiatan Qiyamul Lail Terhadap Pembentukkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Al Jihad Surabaya” Berdasarkan uji regresi linear sederhana yang didapatkan nilai signifikannya 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha dierima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Biaunillah, Afiqohafiqohb@gmail.comD71219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Santri
Keywords: Sholat; Qiyamul lail; Santri; Al Jihad
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afiqoh Biaunillah
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:31
Last Modified: 09 Aug 2023 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64087

Actions (login required)

View Item View Item