Konseling Islam dengan teknik narrative therrapy untuk meningkatkan penerimaan diri orang dengan HIV/AIDS di komunitas dukungan sebaya Jombang Care Center Plus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tias, Nurul Handayani (2023) Konseling Islam dengan teknik narrative therrapy untuk meningkatkan penerimaan diri orang dengan HIV/AIDS di komunitas dukungan sebaya Jombang Care Center Plus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tias Nurul Handayani_B93219151.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian di dalam skripsi ini adalah tentang rendahnya penerimaan diri dari seorang remaja akhir penderita HIV stadium 1 yang meliputi rendahnya penerimaan status, kepercayaan diri, dan rutinitas pengobatan yang dijalaninya. Dengan demikian untuk meingkatkan penerimaan dirinya dan mengatasi perasalahan konseli, peneliti melakukan penerapan konseling Islam dengan teknik narrative therapy. Dan hasil dari pada perlakuan tersebut akan memberikan efek untuk konseli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif single subject research dengan desain penelitian ABA. Fokus penelitian yang dilakukan adalah untuk mendaptakan perubahan pada penerimaan diri konseli yang mulannya dalam kategori rendah menjadi lebih baik atau kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poin yang diperoleh dalam setiap pertemuannya mengalami kenaikan. Perubahan level yang cukup signifikan dari tahap selisih yang diperolah diantaranya baseline 1 (A1) turun 2 poin, intervensi (B) 28 Poin, dan baseline 2 (A2) sebanyak 3 poin. Jika dilihat dari hasil analisis antar kondisi dengan masing-masing persentase overlap menunjukkan angka 0% sehingga dapat dikatakan intervensi yang dilakukan berupa konseling Islam dengan teknik narrative therapy berhasil meningkatkan penerimaan diri ODHA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tias, Nurul Handayanitiasnurulhn@gmail.comB93219151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusria, Ningsihyusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikoterapi
Keywords: Konseling Islam; narrative therapy; penerimaan diri; ODHA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tias Nurul Handayani
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64088

Actions (login required)

View Item View Item