Uji Fitokimia Daun Kesambi (Schleichera oleosa) dengan perbedaan Metode Ekstraksi (Maserasi dan Sokletasi)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Afifatus (2023) Uji Fitokimia Daun Kesambi (Schleichera oleosa) dengan perbedaan Metode Ekstraksi (Maserasi dan Sokletasi). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatus Sholihah_H71216046 Ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya flora dan fauna yang baik. Salah satu sumber daya yang mempunyai potensi sebagai obat ialah daun kesambi (Schleichera oleosa). Daun kesambi memiliki manfaat untuk kesehatan bagi manusia karena mengandung senyawa metabolit sekunder didalamnya. Daun kesambi dijadikan sebagai obat maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait jenis kandungan metabolit sekunder. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa aktif dengan menggunakan metode ekstraksi secara dingin (maserasi) dan panas (sokletasi), serta untuk mengetahui gugus fungsi senyawa metabolit sekunder pada daun kesambi. Sampel yang digunakan yaitu daun kesambi yang diekstraksi menggunakan etanol dan dilakukan esktraksi maserasi dan sokletasi. Uji yang digunakan menjadi 2 yaitu secara fisika dan kimia. Secara fisika yaitu uji fitokimia (flavonoid, saponin, fenolik, tanin, alkaloid, dan uji steroid) sedangkan secara kimia yaitu uji FTIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kesambi (Schleichera oleosa) pada fraksi etanol dalam metode maserasi dan sokletasi masing-masing mengandung metabolit sekunder berupa flavonoid, fenolik, saponin, tanin, dan alkaloid. Gugus fungsi pada metode maserasi adalah gugus O O-H, C-H, C=C, C=N, CH3, C-O sedangkan, pada sokletasi adalah gugus O-H, C-H, C=C, C=N, C-N, C-O, dan CH3. Penelitian ini membuktikan bahwa kandungan metabolit sekunder dalam daun kesambi jenisnya sangat banyak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk dalam bidang farmasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Afifatusafifatussholihah836@gmail.comH71216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Subjects: Biologi
Kesehatan
Kesehatan

Lingkungan Hidup
Keywords: daun kesambi; ekstraksi; metabolit sekunder; fitokimia; ftir
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Afifa Sholihah
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:55
Last Modified: 09 Aug 2023 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64089

Actions (login required)

View Item View Item