Efektivitas model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili Rizki, Dwi Ainurrokhim (2023) Efektivitas model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Rizki Dwi Ainurrokhim_D0A218011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh model pembelajaran yang belum membuat siswa berpartisipasi penuh terhadap kegiatan belajar sehingga hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat belum mencapai KKM pada materi pewarisan sifat di SMPN 2 Gondang. Hal ini dibutuhkan inovasi model pembelajaran baru untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba inovasi baru dengan memberikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Kontekstual pada materi pewarisan sifat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berbasis kontekstual pada materi pewarisan sifat dan mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada materi pewarisan sifat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain peneletian menggunakan non-equivalent control group design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan Teknik cluster random sampling. Intrumen yang digunakan adalah, lembar observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah presentase keterlaksanaan proses belajar mengajar sebesar 80%, uji t-Independent untuk perbandingan hasil test dan analisis presentase respon peserta didik terhadap model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat seniali 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berbasis kontekstual terhadap hasil belajar kognitif siswa dilakukan secara terperinci sesuai Langkah-langkah model Sains Teknologi Masyarakat. Pada hasil belajar menggunakan test hasil belajar menggunakan model Sains Teknologi Masyarkat meningkat 30%. Hal ini dibuktikan melalui output data dari uji t-Independent yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung 16,373 > t-tabel 2,048.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili Rizki, Dwi Ainurrokhimd0a218011@uinsby.ac.idD0A218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTatik, Indayati-197407172014112003
Thesis advisorYuanita, Rachmawatiyuanitarhartono@gmail.com2019088803
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model pembelajaran; sains teknologi; masyarakat; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Laili Rizki Dwi Ainurrokhim
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:51
Last Modified: 09 Aug 2023 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64093

Actions (login required)

View Item View Item