Terapi asertif dengan istighfar untuk mengurangi duck syndrome pada perempuan karir di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rinadi, Fadhli Rahman (2023) Terapi asertif dengan istighfar untuk mengurangi duck syndrome pada perempuan karir di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhli Rahman Rinadi_B03219017 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan terapi asertif dengan istighfar untuk mengurangi duck syndrome pada perempuan karir di Sidoarjo serta bagaimana hasil proses terapi asertif dengan istighfar untuk mengurangi duck syndrome pada perempuan karir di Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perbandingan perilaku konseli sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling. Hasil dari terapi asertif dengan istighfar untuk mengurangi duck syndrome pada perempuan karir dapat diketahui dari perubahan perilaku konseli sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan konseling. Konseli sebelum melakukan konseling memiliki inti masalah perilaku duck syndrome yang berdampak pada pengelolaan emosi tidak stabil, ekspektasi tinggi, dan mudah overthinking. Setelah melakukan kegiatan konseling terdapat beberapa perubahan perilaku seperti; konseli jadi lebih mampu mengelola emosi dengan stabil, memahami bahwa setiap manusia memiliki kelemahan dan kelebihan, lebih percaya diri, menghargai orang lain, tidak mudah putus asa, bersikap terbuka pada keadaan, dan menghargai orang lain. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terapi asertif dan istighfar cukup membantu untuk mengurangi perilaku duck syndrome pada perempuan karir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rinadi, Fadhli Rahmanfadhlirahmanrinadi@gmail.comB03219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Wanita
Keywords: Terapi asertif; duck syndrome; perempuan karir; istighfar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fadhli Rahman Rinadi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:25
Last Modified: 26 Sep 2023 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64095

Actions (login required)

View Item View Item