Uji toksisitas subkronik ekstrak etanol bawang hitam pada histologi hati mencit (Mus musculus) betina

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huwaidah, Jihan Farhah (2023) Uji toksisitas subkronik ekstrak etanol bawang hitam pada histologi hati mencit (Mus musculus) betina. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
copy - Copy (2)hhhhhhhhhhhhhhhhh.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bawang hitam merupakan produk inovasi dari bawang putih yang memiliki kandungan senyawa S-allyl cysteine (SAC), flavonoid, dan polifenol selama proses penuaan. Penggunaan bawang hitam sebagai obat yang dikonsumsi selama 28 hari belum dilakukan penelitian terkait toksisitasnya pada organ hati sehingga diperlukan adanya penelitian terkait dengan keamanan dalam penggunaannya melalui uji toksisitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol bawang hitam dengan berbagai dosis terhadap histologi hati dan untuk mengetahui dosis ekstrak etanol bawang hitam yang aman untuk dikonsumsi. Metode yang digunakan adalah dengan perlakuan pemberian ekstrak etanol bawang hitam pada kelompok perlakuan dosis dosis 5, 50, 100, 300, 600, 1000, dan 2000 mg/kg BB secara oral pada mencit untuk mengetahui pengaruh terhadap histologi hati mencit. Hasil penelitian menunjukkan semakin besar dosis perlakuan pemberian ekstrak etanol bawang hitam semakin besar pula persentase kerusakan sel hepatosit berupa nekrosis pada histologi hati mencit. Hasil persentase kerusakan sel yang mengalami nekrosis tertinggi sebesar 49% pada dosis 2000 mg/kg BB. Penggunaan dosis yang aman untuk dikonsumsi belum ditemukan pada penelitian ini dikarenakan kerusakan sel yang ditemukan > 30% dengan kategori kerusakan sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huwaidah, Jihan Farhahjihanfarhahh@gmail.comH91219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorPurnamasari, Risarisa.purnamasari89@yahoo.co.id201409002
Subjects: Biologi
Keywords: Uji toksisitas subkronik; ekstrak etanol; bawang hitam; hati mencit (Mus musculus) betina
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Jihan Farhah Huwaidah
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:04
Last Modified: 09 Aug 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64099

Actions (login required)

View Item View Item