Kesatuan umat manusia dalam Agama Baha'i sebagai alternatif moderasi beragama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaekha, Siti Nur (2023) Kesatuan umat manusia dalam Agama Baha'i sebagai alternatif moderasi beragama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Zulaekha_E92219078.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang relevansi salah satu ajaran Agama Baha’i, yaitu kesatuan umat manusia dengan konsep moderasi beragama. Pemilihan Agama Baha’i sebagai subjek adalah karena ketertarikan pribadi akan keunikan pada ajaran hingga cara mereka berperan dalam melakukan ajaran-ajarannya sebagai bentuk dari perjuangan mereka mewujudkan perdamian dunia, tidak hanya membiarkan ajarannya sebatas teks tetapi juga diusahakan mampu untuk membentuk transformasi rohani dan sosial yang kemudian bersama-sama membentuk transofrmasi masyarakat, individu dan dunia yang lebih baik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana konsep ajaran kesatuan umat manusia dalam Agama Baha’i?, 2) Bagaimana kesatuan umat manusia dalam Agama Baha’i sebagai alternatif dalam mewujudkan konsep moderasi beragama?. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan informan utama pemeluk Agama Baha’i di Indonesia termasuk di antaranya pemeluk Baha’i yang menerjemahkan kitab Baha’i. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah, (1) bahwasannya konsep ajaran kesatuan umat manusia dalam Agama Baha’i merupakan ajaran yang mengedepankan adanya pembentukan lingkungan sosial dan jati diri yang lebih baik, bersama-sama melakukan pembangunan kesejahteraan untuk individu dan masyarakat, mampu merealisasikan transformasi rohani dan sosial serta transformasi individu dan masyarakat agar sama-sama berkembang, tanpa memandang tameng keagamaan, konsep ajaran kesatuan umat manusia ini murni membentuk sebuah kohesi sosial yang lebih baik dengan dasar sebagai sesama umat manusia, agar bersama-sama mampu mewujudkan perdamaian dunia. (2) bahwasannya ajaran kesatuan umat manusia dalam Agama Baha’i relevan dengan konsep moderasi beragama, yang menjunjung tinggi toleransi, pluralisme, seimbang atau tidak condong ke kiri maupun ke kanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaekha, Siti Nursnzulaikha151114@gmail.comE92219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBiyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.com2010107204
Subjects: Agama
Kerukunan Beragama
Keywords: Kesatuan umat manusia; Agama Baha’i; moderasi beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siti Nur Zulaekha
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:31
Last Modified: 10 Aug 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64107

Actions (login required)

View Item View Item