Penerapan Trigonometri Bola dalam penentuan awal waktu salat di jalur pendakian Gunung Prau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Shofinatul Wahdah Nur (2023) Penerapan Trigonometri Bola dalam penentuan awal waktu salat di jalur pendakian Gunung Prau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofinatul Wahdah Nur Aulia_H92219060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penentuan awal waktu salat merupakan hal yang penting dalam aspek keagamaan umat islam, terutama dalam pelaksanaan salat lima waktu. Dalam tiap hari waktu salat terus mengalami perubahan sesuai dengan kondisi pergerakan matahari. Maka dari itu, Waktu salat ditentukan berdasarkan posisi matahari. Jalur pendakian termasuk tempat yang sangat sering dijangkau oleh remaja muslim di Indonesia. Akan tetapi dikarenakan sinar matahari terhalang langsung oleh banyak pohon yang ada di jalur pendakian tersebut, maka perlu dilakukan perhitungan penentuan awal waktu salat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perhitungan trigonometri bola dan untuk mengetahui hasil awal waktu salat di jalur pendakian Gunung Prau. Metode hisab trigonometri adalah perhitungan yang menggunakan rumus segitiga bola. Metode ini dapat digunakan dalam perhitungan penentuan awal waktu salat yang mana data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah lintang dan bujur tempat, deklinasi matahari dan equation of time. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data yang diambil terletak di jalur pendakian gunung prau. Hasil dari penerapan perhitungan trigonometri bola dalam penentuan awal waktu salat di jalur pendakian gunung prau berguna dalam membantu perhitungan penentuan awal waktu salat dengan tepat dengan waktu subuh yang dimulai antara pukul 04.24 WIB hingga pukul 04.29 WIB, waktu zuhur dimulai antara pukul 11.39 WIB hingga pukul 11.44 WIB, waktu asar dimulai antara pukul 15.01 WIB hingga pukul 15.05 WIB, waktu magrib dimulai antara pukul 17.32 WIB hingga pukul 17.36 WIB dan waktu isya dimulai antara pukul 18.46 WIB hingga pukul 18.51 WIB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Shofinatul Wahdah Nurshofinatul12@gmail.comH92219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorYuliati, Diandian.yuliati@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Matematika
Falak
Keywords: Awal Waktu Salat; Hisab Trigonometri; Jalur Pendakian
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Shofinatul Wahdah Nur Aulia
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:21
Last Modified: 09 Aug 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64115

Actions (login required)

View Item View Item