Pengaruh tipe kepribadian big five personality terhadap online disinhibition pada remaja pengguna instagram di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurqinasih, Ayu (2023) Pengaruh tipe kepribadian big five personality terhadap online disinhibition pada remaja pengguna instagram di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Nurqinasih_J91219095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Online disinhibition adalah keadaan mental di mana fungsi penghambatan kognisi dari berbagai fenomena sosial melemah atau menghilang dalam lingkungan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian big five personality terhadap online disinhibition pada remaja pengguna Instagram di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Data yang diperoleh sebanyak 406 responden dengan kriteria berusia 16-18 tahun, pengguna instagram di Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian memberi kesimpulan, (1) Terdapat pengaruh yang positif pada tipe kepribadian openness to experiences terhadap online disinhibition, (2) Terdapat pengaruh yang negatif pada tipe kepribadian conscientiousness terhadap online disinhibition, (3) Tidak terdapat pengaruh pada tipe kepribadian extraversion terhadap online disinhibition, (4) Terdapat pengaruh yang negatif pada tipe kepribadian agreeableness dengan online disinhibition, (5) Tidak terdapat pengaruh pada tipe kepribadian neuroticism terhadap online disinhibition, dan (6) Terdapat pengaruh simultan pada kelima dimensi big five personality terhadap online disinhibition.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurqinasih, Ayuayunurqinasih123@gmail.comJ91219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Internet
Kepribadian
Psikologi Sosial
Keywords: Tipe kepribadian; big five personality; online disinhibition; remaja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ayu Nurqinasih
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:45
Last Modified: 14 Aug 2023 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64116

Actions (login required)

View Item View Item