Pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa Desa Ngelom Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lubis, Achmad Hadyul Mubarok (2023) Pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa Desa Ngelom Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Hadyul Mubarok Lubis_I93219064 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo yang dipengaruhi berbagai faktor. Interaksi sosial merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti siswa tunagrahita. Interaksi sosial ABK dilakukan melalui kontak sosial dan berkomunikasi dengan teman sebaya, pendidik, dan lingkungan sekitar selama proses pembelajaran sehingga dapat ditemukan suatu faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengidentifikasi pola interaksi sosial ABK pada siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah di dalamnya yaitu; (1) Bagaimana pola interaksi sosial pada ABK di SLB Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo?, (2) Apa faktor yang mempengaruhi pola interaksi sosial pada ABK selama proses pembelajaran di SLB Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada siswa tunagrahita dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial ABK pada siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo terdiri dari beberapa aspek, yaitu; (1) interaksi dengan teman sebaya, interaksi dengan pendidik, interaksi dengan lingkungan sekitar, dan interaksi dengan aktivitas yang dilakukan. (2) Pola interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan sosial, dukungan sosial, kebutuhan dasar, kemampuan kognitif, dan tingkat kemandirian. Pola interaksi sosial ABK selama proses pembelajaran juga mempengaruhi kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan memenuhi kebutuhan sosial mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lubis, Achmad Hadyul Mubarokachmadlubis19@gmail.comI93219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com196705061993031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Sosiologi
Keywords: Pola interaksi sosial; siswa tunagrahita; interaksionisme simbolik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Achmad Lubis
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:45
Last Modified: 10 Aug 2023 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64122

Actions (login required)

View Item View Item