Hubungan FoMO (Fear of Missing Out) dan kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial pada pengguna TikTok di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Alfiana Nur (2023) Hubungan FoMO (Fear of Missing Out) dan kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial pada pengguna TikTok di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiana Nur Aisyah_J01219005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan FoMO (fear of missing out) dan kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial pada pengguna TikTok di Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan subjek sejumlah 267 orang yang dipilih melalui teknik quota sampling. Penelitian ini menggunakan tiga skala variabel yang telah dimodifikasi yaitu Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS), Fear of Missing Out Scale (FoMOS), Satisfaction With Life Scale (SWLS) yang disebar melalui google formulir di media sosial. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan ketiga variabel berhubungan secara signifikan dengan FoMO dan kecenderungan adiksi media sosial berhubungan positif, sementara kepuasan hidup dan kecenderungan adiksi media sosial memiliki hubungan negatif. Diketahui juga nilai kontribusi kedua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 49,4% dan sisa 50,6% dari variabel lain yang tidak diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Alfiana Nuralfiananuraisyah@gmail.comJ01219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi
Keywords: Kecenderungan adiksi media sosial; FoMO; kepuasan hidup
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Alfiana Nur Aisyah
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:42
Last Modified: 10 Aug 2023 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64129

Actions (login required)

View Item View Item