Kebahagiaan Syed Muhammad Naquib al-Attas untuk mengatasi anxiety disorder

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2023) Kebahagiaan Syed Muhammad Naquib al-Attas untuk mengatasi anxiety disorder. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifah_E77218052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan dari kebahagian oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam mengatasi anxiety disorder. Setiap manusia pasti pernah mengalami anxiety dan jika dibiarkan, akan berdampak negatif pada kehidupan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami emosi positif seperti halnya kebahagiaan Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang menyebutkan bahwasanya semakin dekat individu dengan Allah maka semakin ia mendapatkan kebahagiaan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini 1) Bagaimana kebahagiaan Syed Muhammad Naquib Al-Attas?. 2) Bagaimana kebahagiaan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam mengatasi anxiety disorder?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kebahagiaan al-Attas dalam mengatasi anxiety disorder. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu kebahagiaan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dilakukan sebagai kegiatan rutin yang dilakukan oleh klien. Terapi ini tersusun dari ibadah sholat wajib, sholat duha, sholat tahajud, membaca al-Qur’an, dzikir, shodaqah, puasa dan syukur. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik karena terdapat penurunan dari tingkatan skala kecemasan. Dibuktikan dari hasil alat ukur Taylor Manifest Anxiety Scale dari skor 11 yaitu kategori sedang dan menjadi 6 dalam kategori ringan. Selain itu, perkembangan klien yang semakin membaik yang dapat dibuktikan dengan kondisi klien yang dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. Hal tersebut dapat menjadi sebuah bukti bahwa penerapan kebahagian Syed Muhammad Naquib Al-Attas dapat memberikan sebuah ketenangan yang menjadikan klien menjadi lebih tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurapipahnur123@gmail.comE77218052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah7@gmail.com2010116601
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Psikologi > Kecemasan
Keywords: Kebahagiaan; Syed Muhammad Naquib al-Attas; anxiety disorder
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Afifah
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:47
Last Modified: 10 Aug 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64159

Actions (login required)

View Item View Item