Silent Treatment dalam perspektif hadis: kajian ma’ānī al-hadīth larangan Hajr dalam riwayat Sunan al-Tirmidhī No. indeks 1855 dengan pendekatan ilmu psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'firah, Alda Nihayatul (2023) Silent Treatment dalam perspektif hadis: kajian ma’ānī al-hadīth larangan Hajr dalam riwayat Sunan al-Tirmidhī No. indeks 1855 dengan pendekatan ilmu psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alda Nihayatul A'rifah_E75218034 Ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu hubungan apapun, permasalahan dan perselisihan adalah hal yang biasa terjadi. Salah satu upaya untuk menyelesaikannya ialah komunikasi antar pihak yang bermasalah, namun terdapat beberapa orang yang justru memilih untuk memutus komunikasi tersebut, dengan cara tidak berbicara, mendiamkan, mengabaikan dan menghindari kontak mata dengan pihak yang terkait, hal demikian inilah yang disebut dengan silent treatment. Bagi beberapa orang yang sedang marah, menyendiri mungkin menjadi alternatif untuk meredakannya, namun jika dilakukan terus menerus maka hal ini tidak akan menyelesaikan masalah dan justru akan menimbulkan permasalahan yang baru. Hal ini dikarenakan silent treatment menimbulkan dampak tersendiri bagi orang lain serta mempengaruhi hubungan dengan orang lain, baik dengan keluarga, teman, atau pasangan. Mendiamkan seseorang dengan tujuan agar saling intropeksi diri sah-sah saja, namun hal itu tetap ada batasannya, agama Islam tidak membenarkan sikap mendiamkan orang lain lebih dari tiga hari sesuai dengan yang diriwayatkan oleh al-Tirmidhī No. Indeks 1885. Dalam penelitian ini penulis akan berfokus pada tiga rumusan masalah. Pertama, penelitian kualitas dan kehujjahan hadis mengenai silent treatment. Kedua, analisis larangan hajr atau silent treatment dalam kitab Sunan al-Tirmidhī. Ketiga, korelasi silent treatment dengan hadis larangan hajr dengan menggunakan pendekatan psikologi. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian jenis library research sehingga akan dikumpulkan beberapa data primer maupun sekunder yang berhubungan dengan penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'firah, Alda Nihayatulaldanihayatularifah17@gmail.comE75218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Komunikasi
Psikologi > Kecemasan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Silent Treatment; Hajr; Sunan al-Tirmidhī
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Alda Nihayatul A'rifah
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:59
Last Modified: 14 Aug 2023 00:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64160

Actions (login required)

View Item View Item