Pengaruh konsentrasi dan lama perendaman kolkisin terhadap karakter poliploidi pada tanaman lili hujan (Zephyranthes rosea Lindl.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Vivin Diana (2023) Pengaruh konsentrasi dan lama perendaman kolkisin terhadap karakter poliploidi pada tanaman lili hujan (Zephyranthes rosea Lindl.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Diana Putri_H71218034 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zephyranthes rosea Lindl. adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia. Penelitian mengenai induksi Z. rosea poliploid untuk meningkatkan nilai jual melalui peningkatan fenotipnya masih sedikit dan terbatas pada organ biji. Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kolkisin, lama perendaman, dan interaksi keduanya terhadap karakter poliploidi maka pada penelitian ini organ akar Z. rosea diberi perlakuan dengan kolkisin (0 %, 0,025 %, 0,05 %, 0,075 %, dan 0,1 %) dan lama perendaman (6 jam, 12 jam, 18 jam, dan 24 jam). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh nyata konsentrasi kolkisin, lama perendaman, dan interaksi keduanya terhadap panjang daun, kerapatan stomata, dan berat kering sedangkan parameter waktu berbunga, lebar daun, panjang stomata, lebar stomata, berat basah, dan warna bunga tidak terpengaruhi secara signifikan. Karena lebih banyak karakter poliploidi yang tidak terpengaruhi secara signifikan maka Z. rosea poliploid belum terbentuk pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Vivin Dianavivindiana23@gmail.comH71218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Keywords: kolkisin; poliploidi; Zephyranthes rosea Lindl
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Vivin Diana Putri
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:35
Last Modified: 09 Aug 2023 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64162

Actions (login required)

View Item View Item