Implementasi pembelajaran Al-Qur’an bertajwid berbasis Kitab Nadham Syifa’ul Jinan dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an peserta didik SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Hanna Luthfi (2023) Implementasi pembelajaran Al-Qur’an bertajwid berbasis Kitab Nadham Syifa’ul Jinan dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an peserta didik SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanna Luthfi Laily_D01219024 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an sangat penting untuk diadakan guna pembentukan akhlak peserta didik yang baik. Dengan tujuan tersebut maka terdapat pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. Pembelajaran Al-Qur’an merupakan proses kegiatan belajar Al-Qur’an berupa membaca dan menghafal ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid yang berlaku. Pembelajaran Al-Qur’an dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan mengadakan mata pelajaran baru yang saling berkesinambungan. Contohnya mata pelajaran PAI serta muatan lokal keagamaan dan diniyah yang berbasis kitab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al-Qur’an bertajwid berbasis kitab nadham syifa’ul jinan di SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang, untuk mengetahui kompetensi membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang, serta untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab bertajwid nadham syifa’ul jinan dapat meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan fenomenologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan dengan melihat situasi pembelajaran, wawancara kepada pihak yang bersangkutan seperti Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI dan mulok diniyah serta peserta didik kelas VII, serta dengan pengambilan dokumen yang sesuai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an bertajwid berbasis kitab nadham syifa’ul jinan dalam ini terdapat pada mata pelajaran PAI dengan metode menulis, membaca, dan menghafalkan. Adapun kompetensi peserta didik di SMP Negeri 1 Mojowarno tergolong baik. Adanya pembelajaran kitab bertajwid nadham syifa’ul jinan dapat meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Mojowarno.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Hanna Luthfiupit.hanna@gmail.comD01219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Agama
Islam
Pendidikan
Al Qur'an
Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an; Kompetensi Membaca; Kitab Nadham Syifa’ul Jinan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanna Luthfi Laily
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:49
Last Modified: 23 Aug 2023 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64166

Actions (login required)

View Item View Item