Pengembangan ensiklopedia matematika berbasis aplikasi android sebagai sumber belajar peserta didik kelas VIII SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswah, Fiki Sa'adatun (2023) Pengembangan ensiklopedia matematika berbasis aplikasi android sebagai sumber belajar peserta didik kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiki Sa'adatun Niswah_D74219025 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bentuk sumber belajar sangat beragam mulai dari benda hidup seperti guru dan benda mati seperti buku maupun teknologi dan semacamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendiskripsikan proses pengembangan ensiklopedia matematika berbasis aplikasi Android,(2) untuk mendeskripsikan kevalidan dari ensiklopedia matematika berbasis aplikasi Android sebagai sumber belajar peserta didik kelas VIII SMP, dan (3) untuk mendeskripsikan kelayakan dari ensiklopedia matematika berbasis aplikasi Android sebagai sumber belajar peserta didik kelas VIII SMP. Pengembangan media dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan. Produk yang dikembangkan berupa sumber belajar ensiklopedia matematika berbasis aplikasi Android untuk peserta didik kelas VIII SMP. Data penelitian diperoleh melalui instrumen pengumpulan data dalam bentuk lembar catatan lapangan, lembar validasi media dan lembar angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif.Hasil analisis data menunjukkan media sumber belajar ensiklopedia matematika dikembangkan dengan melalui lima tahapan. (1) Pada tahap analisis diperoleh informasi bahwasannya di UPT SMPN 2 Gresik memiliki keterbatasan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran, kurangnya penerapan pembelajaran berbasis teknologi padahal diperbolehkan mengoperasikan smartphone di sekolah dengan izin dari guru kelasnya. Pada tahapan perancangan, media dirancang dengan menentukan isi dari media dan menentukan software yang digunakan untuk mengambangkan media tersebut. Kemudian di tahapan pengembangan dilakukannya proses pembuatan media. Selanjutnya di tahapan penerapan, media divalidasi oleh validator ahli materi dan ahli media. Selanjutnya media diujicobakan pada guru dan peserta didik,lalu media diberi respon oleh guru dan peserta didik kelas VIII UPT SMPN 2 Gresik. Terakhir pada tahapan evaluasi, data yang diperoleh diperiksa berdasarkan standar data yang telah ditetapkan, lalu media dilakukan revisi satu kali berdasarkan saran dari validator ahli materi. (2) Media dinyatakan valid oleh para validator dengan nilai persentase sebesar 69%. (3) Media dinyatakan layak oleh guru dan sangat layak oleh peserta didik dengan nilai persentase sebesar 72.4% dan 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswah, Fiki Sa'adatunkhalisafiki@gmail.comD74219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorMaunah, Setyawatimaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Media; Sumber Belajar; Android; Ensiklopedia Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fiki Sa'adatun Niswah
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:04
Last Modified: 09 Aug 2023 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64167

Actions (login required)

View Item View Item