Keanekaragaman Makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas air di Kali Pacal, Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hana, Alim Aulia (2023) Keanekaragaman Makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas air di Kali Pacal, Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alim Aulia Hana_H01219001 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Air merupakan suatu unsur yang memiliki peran vital dalam keberlangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi. Sungai merupakan salah satu ekosistem perairan yang berhubungan secara langsung dengan aktivitas manusia. Pada ekosistem sungai terdapat bermacam-macam organisme perairan salah satunya adalah makrozoobentos yang dijadikan sebagai bioindikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air menggunakan bioindikator makrozoobentos di Kali Pacal, Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari – Maret 2023 dengan membagi lokasi penelitian menjadi tiga stasiun dengan berbagai habitat, data yang diperoleh kemudian diidentifikasi dan dianalisis menggunakan indeks Shannon-Wiener, indeks kemerataan (E), indeks dominansi (D), dan Family Biotic Index. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan 8 spesies makrozoobentos dengan dua spesies terbanyak yaitu Pleurocera dan Tubifex. Indeks keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun 1 sebesar H’=1,20. Indeks kemerataan tertinggi pada stasiun 1 E=0,67. Indeks dominansi tertinggi pada stasiun 3 D=0,90. Family Biotic Index tertinggi pada stasiun 1 FBI= 7,89 yang menunjukkan bahwa perairan pada stasiun tersebut tercemar berat oleh bahan organik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hana, Alim Auliaalimauliaahak@gmail.comH01219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Makrozoobentos; Bioindikator; Kualitas Air; Kali Pacal; Family Biotic Index; Pleurocera; Tubifex
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Alim Aulia Hana
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:25
Last Modified: 14 Aug 2023 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64174

Actions (login required)

View Item View Item