Pengaruh Hope dan growth Mindset terhadap Grit pada Siswa Madrasah Aliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Annisatul (2023) Pengaruh Hope dan growth Mindset terhadap Grit pada Siswa Madrasah Aliyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisatul Khoiriyah_J71219049 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Grit adalah ketekunan dan semangat untuk tujuan jangka panjang yang diukur dari perseverance of effort (ketekunan usaha) dan consistency of interests (konsistensi minat). Grit yang tinggi dibutuhkan siswa untuk mengatur perilaku dalam mencapai tujuannya dan tetap fokus walaupun banyak rintangan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hope dan growth mindset terhadap grit pada siswa Madrasah Aliyah. Subjek penelitian ini yaitu siswa Madrasah Aliyah Al�Islam di Ponorogo, yang melibatkan 274 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Terdapat tiga instrument yang digunakan yaitu skala Grit Short Scale (Grit-S), Hope Scale, dan Growth Mindset Scale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hope dan growth mindset masing-masing menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya grit. Hope dan growth mindset secara bersama-sama juga berpengaruh terhadap grit. Saran bagi sekolah hendaknya mengupayakan peningkatan hope dan growth mindset agar grit yang dimiliki siswa meningkat. Saran bagi peneliti selanjutnya agar menguj variabel grit dengan variabel lain yang berpotensi dapat meningkatkan grit pada siswa. Untuk praktisi psikologi diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pengayaan untuk memperluas pemahaman mengenai pengaruh hope dan growth mindset terhadap grit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Annisatulannisatuln@gmail.comJ71219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnany--0027027604
Subjects: Psikologi
Keywords: Grit; Hope; Growth Mindset
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Annisatul Khoiriyah
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:22
Last Modified: 14 Aug 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64182

Actions (login required)

View Item View Item