Tradisi slametan kematian di Desa Kebontemu Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Novita Chardana (2023) Tradisi slametan kematian di Desa Kebontemu Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Chardana Putri A02219035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tradisi Slametan Kematian di Desa Kebontemu, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang berfokus pada 3 pembahasan diantaranya 1) Sejarah Tradisi Slametan Kematian, 2) Pelaksanaan Tradisi Slametan Kematian di Desa Kebontemu, 3) Makna dan Nilai – nilai Keislaman dalam Tradisi Slametan Kematian. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya sebagai ilmu bantu peneliti. Pendekatan tersebut digunakan untuk mengembangkan pengetahuan mengenal tentang manusia dan budaya – budayanya mulai dari segi fisik hingga kondisi sosial budayanya sedangkan teori yang digunakan teori simbolik menurut Victor Turner Makna tradisi slametan dapat dipelajari dengan mengidentifikasi simbol-simbol yang ada dan digunakan dalam tradisi tersebut kemudian diinterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Tradisi Slametan Kematian di Desa Kebontemu merupakan kegiatan tradisi yang sudah ada pada masa Pra Islam. Tradisi ini sudah menjalani perubahan dengan menjadi nilai ajaran Islam. 2) Proses Tradisi Slametan Kematian dilaksanakan dengan mengacu pada perhitungan hari mulai dari telung dino , pitung dino, petang poloh dino, satos dino dan sewu dino. 3) Makna tradisi slametan kematian yaitu sebagai bentuk birrul walidain, amal shodaqoh jariyah untuk si mayit atau keluarga, untuk mengenang sang mayit dan penghormatan kepadanya, menyambung tali silaturrahmi antar keluarga. Nilai keislaman sebagai bentuk ekspresi mengingat kematian, meningkatkan keimanan pada hari akhir, serta melakukan amal kebaikan dengan cara tahlil bersama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Novita Chardananovichrdn@gmail.comA02219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorRidwan, M.ridwan@uinsby.ac.id2017075901
Subjects: Agama
Kematian
Adat
Keywords: Tradisi; slametan; sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Novita Chardana Putri
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:27
Last Modified: 10 Aug 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64201

Actions (login required)

View Item View Item