Formulasi edible cup tepung kimpul (xanthosoma sagittifolium) terfermentasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibtisa, Afina Anjanim (2023) Formulasi edible cup tepung kimpul (xanthosoma sagittifolium) terfermentasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afina A. Ibtisam H91219036.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penggunaan plastik terutama pada bisnis makanan sulit dihindari seperti peralatan makan sekali pakai sehingga memicu permasalahan sampah plastik semakin tidak terkendali. Oleh karena itu, diperlukan suatu solusi untuk mengurangi sampah plastik, salah satunya adalah dengan penggunaan edible cup yang bersifat biodegradable. Edible cup dapat dibuat dari tepung kimpul yang terlebih dahulu dilakukan fermentasi untuk memperbaiki karaktersitik tepung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fermentasi terhadap kadar pati tepung kimpul dan pengaruh formulasi edible cup tepung kimpul terhadap kadar pati, karakteristik fisik serta organoleptik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak lengakap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 pengulangan, yaitu tepung kimpul tanpa fermentasi (E1), tepung kimpul terfermentasi spontan (E2), tepung kimpul terfermentasi ragi roti (E3) dan tepung kimpul terfermentasi ragi tape (E4). Analisis data menggunakan uji statistik One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan kadar pati tepung kimpul meningkat karena adanya perlakuan fermentasi dimana kadar pati tertinggi adalah tepung kimpul terfermentasi spontan (E2) yaitu 58,74%. Kadar pati edible cup tidak berbeda signifikan untuk semua perlakuan. Kadar pati edible cup tertinggi adalah formulasi tepung kimpul terfermentasi spontan (E2) yaitu 49,70%. Ketebalan dan daya patah edible cup tidak berbeda signifikan untuk semua perlakuan dengan rata-rata ketebalan 3-4 mm dan rata-rata daya patah 10-11,9 N. Daya tahan air menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dimana perlakuan terbaik adalah formulasi edible cup tepung kimpul terfermentasi spontan (E2) baik untuk parameter air panas, normal dan dingin. Organoleptik warna, aroma, tekstur dan rasa terbaik adalah formulasi edible cup tepung kimpul terfermentasi spontan (E2) dengan nilai 7 spesifikasi suka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibtisa, Afina Anjanimafinaanjani28@gmail.comH91219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmalafirdhausi@gmail.com2025068501
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Keywords: Edible cup, kimpul; fermentasi; tepung
Depositing User: Afina Anjani Ibtisam
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:13
Last Modified: 05 Sep 2023 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64208

Actions (login required)

View Item View Item