Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap pemahaman akidah akhlak materi asmaul husna kelas IV MI Al Muniroh 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilliyah, Shella Dina (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap pemahaman akidah akhlak materi asmaul husna kelas IV MI Al Muniroh 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sella Dina Aprilliyah_D77219057 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu Pembelajaran yang dilaksanakan di MI Al Muniroh 1 Gresik yang hanya metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan metode lain yang kurang mendukung yang tidak didasarkan pada karakter diri siswa. Oleh karena itu perlu adanya perubahan model pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, khususnya model untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna. Selain itu, media yang digunakan kurang mendukung yaitu hanya menggunakan buku paket. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui pemahaman akidah akhlak materi asmaul husna pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Kooperatif Tipe Example Non Example. 2) Untuk mengetahui pengaruh dari model Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap pemahaman akidah akhlak materi asmaul husna pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan desain time series yaitu kelas dengan dua perlakuan yaitu kontrol dan eksperimen. Pada penelitian ini dilakukan tes pra-perlakuan atau biasa disebut pre-test dan tes pasca-perlakuan atau post-test yaitu pada ranah kognitif yang masing-masing tes dilakukan dua kali untuk kestabilan hasil yang diperoleh dan pertumbuhan nilai siswa. perlakuan dilakukan sekali. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum perlakuan (pre test) jumlah sampel 33, skor rata rata 61.21, nilai minimum 20 dan nilai maksimum 60. 2) Sesudah perlakuan (post test), skor rata rata 81.52, nilai minimum 60 serta nilai maksimum 100. Selisih antara pretest dan posttest berarti nilai meningkat setelah diberi perlakuan atau treatment. 3) Hasil dari uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,015 yang artinya lebih kecil atau kurang dari 0,05.. Sehingga menunjukkan bahwa model Kooperatif Tipe Example Non Example berpengaruh terhadap pemahaman akidah akhlak materi asmaul husna pada ranah kognitif siswa kelas IV MI Al Muniroh 1 Gresik. Dapat disimpulkan bahwa H_O ditolak dan H_a diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilliyah, Shella Dinashellaaprilliyah265@gmail.comD77219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Belajar
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model Kooperatif Tipe Example Non Example; pemahaman akidah akhlak; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shella Dina Aprilliyah
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:05
Last Modified: 10 Aug 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64215

Actions (login required)

View Item View Item