Keanekaragaman dan struktur komunitas capung (ordo: odonata) di air terjun Dlundung Trawas Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romzalis, Ahmad Alfin (2023) Keanekaragaman dan struktur komunitas capung (ordo: odonata) di air terjun Dlundung Trawas Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Alfin Romzalis_H71219017 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan sebutan megabiodiversitas karena dikenal dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Air terjun Dlundung merupakan lokasi wisata yang memiliki tiga lokasi yang berbeda yakni air terjun, sungai, dan pertanian organic. Lanskap perairan merupakan tempat berhabitatnya hewan salah satunya adalah serangga. Serangga yang sering dijumpai pada lanskap perairan adalah Ordo Odonata karena memiliki siklus hidup pada perairan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keanekaragaman dan struktur komunitas tiap-tipe habitat di Wisata Air Terjun Dlundung Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2023 dengan membagi tipe habitat menjadi tiga yakni Sungai, Air Terjun, dan Persawahan. Data yang didapat kemudian diidentifikasi dan dianalisis menggunakan Indeks keanekaragaman (H’) Shannon- Weiner, indeks kemerataan (E) dan indeks dominansi (D) dengan rumus Simpson, lalu dilihat Frekuensi Kehadiran capung (FK). Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan 7 Famili dengan 17 Spesies. Nilai indeks keanekaragaman tertinggi diperoleh pada persawahan yakni H’= 2,11 dan indeks keanekaragaman terendah diperoleh sungai yakni H’= 1,39. Nilai indeks kemerataan tertinggi didapatkan di persawahan dengan nilai kemerataan E = 0,78 dan nilai terendah didapatkan di air terjun dengan nilai kemerataan E = 0,65. Nilai indeks dominansi tertinggi didapatkan pada persawahan dengan nilai D = 0, 38 dan nilai dominansi terendah didapatkan pada air terjun dengan nilai D = 0, 30. Frekuensi kehadiran yang didapatkan yakni Spesies yang yang memiliki nilai FK = 100% adalah Orthetrum pruinosum, Euphaea variegata, Vestalis luctuosa, dan Rhinochypha anisoptera. Sedangkan spesies yang hanya memiliki nilai FK = 33% adalah Agriocnemis femina, Agriocnemis pygmaea, Neurothemis fluctuans, Trithemis festiva, dan Idionyx orchestra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romzalis, Ahmad Alfinahmadalfinrz@gmail.comH71219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Keanekaragaman; kemerataan; dominansi; capung; habitat; zygoptera; anisoptera; air terjun Dlundung
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ahmad Alfin Romzalis
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:36
Last Modified: 10 Aug 2023 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64216

Actions (login required)

View Item View Item