Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'iyah, Reza (2023) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Rif’iyah_D97219098 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV-C MIN 1 Sidoarjo pada pembelajaran tematik tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pra siklus diperoleh nilai persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33,33%. Dari jumlah 30 siswa hanya 10 siswa yang tuntas. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang kurang bervariatif saat proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV MIN 1 Sidoarjo.(2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-C MIN 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV-C MIN 1 Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa anak. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) sudah dinyatakan berhasil dan berkategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru mencapai 82 pada siklus I dan meningkat menjadi 88 pada siklus II. Hasil observasi siswa mencapai 73 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia setelah menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus hanya 33,33% (kurang sekali), pada siklus I sebesar 66,67% (cukup), dan pada siklus II 93,33% (sangat baik). Nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 68,80 (cukup), pada siklus I sebesar 82,25 (baik), dan pada siklus II sebesar 89,75 (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'iyah, Rezarezarifiyh@gmail.comD97219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Kemampuan membaca pemahaman; metode SQ3R; pembelajaran tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reza Rif'iyah
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:17
Last Modified: 10 Aug 2023 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64220

Actions (login required)

View Item View Item