Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar akidah akhlak materi asmaul husna kelas V MINU Tropodo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Wafa, Ach. Sya'ab Arif (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar akidah akhlak materi asmaul husna kelas V MINU Tropodo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach. Sya'ab Arif Al Wafa_D77219034 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu Pembelajaran yang dilaksanakan di MINU Tropodo Sidoarjo yang hanya menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan metode lainnya yang kurang mendukung dan tidak berdasar dengan karakter diri siswa, sehingga perlu adanya perubahan model pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak khususnya model untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Asmaul Husna pada siswa. Selain itu juga media yang digunakan kurang mendukung yakni hanya memakai buku ajar.Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui hasil belajar akidah akhlak materi asmaul husna sebelum dan sesudah menggunakan model Kooperatif Tipe Make a match pada siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh dari model Kooperatif Tipe Make a match terhadap hasil belajar akidah akhlak materi asmaul husna pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment dengan menggunakan jenis desain non equivalent pretest posttest kontrol group yakni menggunakan dua kelas yang dilakukan dua perlakuan, yaitu control dan juga eksperimen. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut dengan pretest, dan tes sesudah perlakuan atau disebut dengan Posttest yakni pada ranah kognitif yang masing-masing tes dilakukan sebanyak dua kali guna mengetahui kestabilan nilai yang diperoleh dan peningkatan nilai peserta didik. Perlakuan dilakukan sebanyak satu kali. Teknik dalam analisis data menggunakna uji validitas, uji reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dapat disimpulkan dari data nilai rata-rata pre test dan post test. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai 74,5 kemudian mengalami peningkatan menjadi 81,8 Selisih nilai rata-rata pada pretest dan posttest yakni menujukkan bahwa terjadi peningkatan nilai setelah diberikan treatment atau perlakuan. 2) Di peroleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann withney U sebesar 0,006. Yang berarti apabila nilai sig. (2-tailed) <0,05 yaitu 0,006 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Kooperatif Tipe Make a match terhadap hasil belajar akidah akhlak materi asmaul husna pada peserta didik kelas V MINU Tropodo Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Wafa, Ach. Sya'ab Arifwafakan45@gmai.comD77219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Asmaul Husna
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match; Hasil Belajar Akidah Akhlak; Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ach. Sya'ab Arif Al Wafa
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:20
Last Modified: 10 Aug 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64222

Actions (login required)

View Item View Item