Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur`an Untuk Membentuk Karakter Religius Istiqomah Siswa di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujtahidah, Muhimmatul (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur`an Untuk Membentuk Karakter Religius Istiqomah Siswa di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhimmatul Mujtahidah_D77219048 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses implementasi program tahfidzul qur’an dalam membentuk karakter religius sabar siswa di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik. (2) Untuk mendiskripsikan factor pendukung dan penghambat implementasi program tahfidzul qur’an dalam membentuk membentuk karakter religius sabar siswa di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik. (3) Untuk menganalisis solusi faktor penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler tahfidzulul qur’an dalam membentuk karakter religius istiqomah siswa di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa : (1) kegiatan ekstrakurikuler tahfidzul qur’an di MI Al Muniroh 1 Ujung Pangkah Gresik pada saat memulai pelajaran pertama yakni membaca do`a. kedua, muroja`ah secara serempak yakni membaca Al-Qur’an dengan taqrir. Kemudian yang ketiga, siswa maju untuk setoran hafalan dengan guru tahfidz dengan penilaian berupa muhafadhoh, fashohah dan tajwid. Program ekstrakurikuler tahfidzul qur’an ini dalam membentuk karakter religius istiqomah adalah dengan cara siswa menyadari pentingnya mencapai target hafalan tepat waktu dari mulai proses menghafal disetiap hari, sabar menjalani proses dalam metode wahdah yang diterapkan dengan mengulang beberapa kali bacaan sampai hafal, berlapang dada ketika waktu bermain bersama teman kurang demi tercapainya target hafalan, dan sabar untuk selalu istiqomah melakukan muroja’ah yang telah dilampaui agar selalu terekam dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan. (2) Faktor pendukungnya: Komite dan kepala sekolah memberi wadah dan fasilitas untuk para calon hafidz dan hafidzoh yang berminat untuk menghafal AlQur’an dan tetap unggul dalam bidang akademik. Peran guru dengan menggunakan metode wahdah dengan mengulang bacaan berulang kali sampai hafal.. Faktor penghambatnya: Bimbingan orang tua di rumah yang kurang maksimal dapat memicu keterlambatan hafalan AlQur’an dan kurangnya kesiapan siswa. (3) Solusi faktor penghambatnya adalah kepala sekolah dan guru selalu mengingatkan kepada orang tua agar mendampingi dan membimbing anak saat sedang belajar di rumah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujtahidah, Muhimmatulmuhimmatul4455@gmail.comD77219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Agama
Bimbingan
Al Qur'an
Keywords: Tahfidzul Qur`an; Karakter Religius Istiqomah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: muhimmatul mujtahidah
Date Deposited: 10 Aug 2023 05:11
Last Modified: 10 Aug 2023 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64229

Actions (login required)

View Item View Item