Optimasi Model Resnet menggunakan metode MSRCR dalam Klasifikasi Glaukoma

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Haigar Zaidan (2023) Optimasi Model Resnet menggunakan metode MSRCR dalam Klasifikasi Glaukoma. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haigar Zaidan Zain_H02219009 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Glaukoma merupakan penyakit penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan kebutaan permanen dan tidak dapat diobati, namun mendiagnosa penyakit ini sedini mungkin dapat memperlambat fase kebutaan melalui terapi pengobatan yang tepat. Dalam mendiagnosanya pasien memerlukan untuk datang ke ahli mata, yang memakan biaya dan waktu. Pada penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem klasifikasi untuk mempermudah proses diagnosa pada penyakit glaukoma menggunakan metode Residual Network (ResNet) dengan optimasi Multi Scale Retinex Color Restoration (MSRCR). Data yang digunakan adalah data citra fundus retina yang didapat dari website Kaggle. Pada penelitian ini proses klasifikasi dilakukan dengan membandingkan arsitektur ResNet50 dan arsitektur Resnet50 yang menggunakan optimasi MSRCR. Hasil yang didapatkan memberikan jawaban bahwa metode ResNet dengan MSRCR lebih baik dalam mengklasifikasikan glaukoma pada penelitian ini dengan rata-rata akurasi sebesar 94%, rata-rata spesitifitas 90% dan rata-rata sensitifitas sebesar 97%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Haigar Zaidanhaigarzain@gmail.comH02219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsyhar, A. Hanifhanif@uinsby.ac.id2023018602
Thesis advisorPutroue, K. Intanputroue@uinsby.ac.id0728058802
Subjects: Komputer
Matematika
Keywords: Glaukoma; MSRCR; Residual Network (ResNet)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: haigar zaidan zain
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:36
Last Modified: 10 Aug 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64230

Actions (login required)

View Item View Item