Perilaku konsumtif remaja (studi kasus game online di desa Sekaran Lamongan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'rof, Ahmad Muwaffiqul (2023) Perilaku konsumtif remaja (studi kasus game online di desa Sekaran Lamongan). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muwaffiqul A'rof_I73219036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Topik kajian permasalahan penelitian ini adalah tentang perilaku konsumtif remaja yang sering melakukan top up game online dan bermain game online, karena banyaknya remaja yang kecanduan akibat bermain game online dan seringnya melakukan top up untuk game online, dalam salaah satu rumusan masalah tersebut terdapat pembahasan mengenai faktor dan dampak yang ditimbulkan dari bermain game online dan top up game online tersebut. Tujuan penelitian ini agar dapat menemukan hasil data dari perilaku konsumtif tersebut, serta menganalisis dampak yang terjadi akibat bermain game online dan top up game online. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, teori yang digunakan dalam melihat fenomena perilaku konsumtif dan bermain game online ini adalah teori Herbert Marcuse mengenai: cara hidup yang tidak hemat, sering menghambur-hamburkan uang, dan lebih mengutamakan gaya hidup daripada kebutuhan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1. Hal-hal yang menyebabkan remaja sering melakukan top up game online dan bermain game online dikarenakan karena faktor lingkungan, keinginan kuat remaja itu sendiri, bosan karena aktivitas sekolah dan kuliah, memiliki kontrol diri yang kurang, keinginan top up untuk memebeli item dalam game online, dan terdapat banyak evnt yang mengharuskan top up game online , 2. Dampak yang terjadi akibat seringnya melakukan top up game online dan bermain game online antara lain adalah: dampak positif: membantu bersosialisasi, kerja sama, dampak negatif: kecanduan, malas, berbicara kotor, dan dampak negatif dari perilaku konsumtif dari top up game online adalah: menjadi boros, berlebihan dalam top up, dan hanya menghambur-hamburkan uang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'rof, Ahmad Muwaffiqulahmadmuwaffiqularof@gmail.comI73219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadcakshodiq2@gmail.com2023047502
Subjects: Game Online
Perilaku
Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Budaya
Konsumen
Keywords: Konsumtif; remaja; game online
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ahmad Muwaffiqul A'rof
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:06
Last Modified: 10 Aug 2023 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64232

Actions (login required)

View Item View Item