Strategi pemasaran melalui lelang online dalam meningkatkan penjualan ikan koki di Sabar Mas Koki Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Dody Akhmad (2023) Strategi pemasaran melalui lelang online dalam meningkatkan penjualan ikan koki di Sabar Mas Koki Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dody Akhmad Kurniawan_G93218083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan instrumen penting terhadap upaya perusahaan dalam mencapai kemajuan atau keberhasilan yang diinginkan. Pada penelitian yang berjudul "Strategi Pemasaran Melalui Lelang Online Dalam Meningkatkan Penjualan di Sabar Mas Koki Sidoarjo" ini diharapkan dapat memberikan jawaban mengenai strategi pemasaran yang jitu dalam meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada kondisi objek secara alamiah. Data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pencarian data tersebut dilakukan melalui wawancara kepada Agung Purnanto selaku pemilik Sabar Mas Koki Sidoarjo dan observasi secara langsung terhadap pelaksanaan kerja baik di tempatnya maupun sosial medianya. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi pemasaran berdasar perspektif STP yaitu segmen Sabar Mas Koki Sidoarjo adalah Wilayah Jabodetabek, tingkat pembelian, gaya hidup dan pengetahuan konsumennya. Pasar sasaran yang dituju adalah ekonomi menengah kebawah untuk mendapatkan posisi pasar yang berupa penghasil ikan koki yang berkualitas dengan harga menengah ke bawah dan tetap menjaga pangsa pasar di Jabodetabek. Sementara perspektif 7S Mckinsey menunjukkan minimnya perencanaan strategi pemasaran jangka panjang karena mengawal pekerja yang masih membutuhkan bimbingan dalam pekerjaan. Pada pelaksanaan lelang online yang dilakukan tidak menggunakan aturan sesuai UU, sehingga rawan akan keamanan dan kenyamanan.
Berpedoman pada penelitian ini, maka menyarankan agar meluaskan segmen pemasaran yang terfokus di Jabodetabek saja. Banyak kawasan yang perlu dijajaki seperti kota-kota yang terdapat banyak pasar ikan di dalamnya seperti Bandung dengan 8 titik pasar ikan di dalamnya. Pada sisi sumber daya manusia, Sabar Mas Koki perlu membentuk pekerja yang lebih kompeten melalui pelatihankhusus dan pendampingan secara kontinyu. Pelayanan yang selama ini dilakukan perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Sementara untuk pelaksanaan lelang, dibutuhkan mekanisme baru agar terhindar dari peserta yang tidak bertanggung jawab. Seperti menambahkan pendaftaran peserta terlebih dahulu sebelum mengikuti lelang agar lebih aman baik bagi peserta maupun penyelenggara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Dody Akhmaddodyakhmad@gmail.comG93218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran; STP; 7S Mckinsey; lelang online; peningkatan penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Dody Akhmad Kurniawan
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:49
Last Modified: 18 Aug 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64233

Actions (login required)

View Item View Item