Fenomena stereotyping mahasiswi bercadar di kalangan Mahasiswa UINSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pasa, Mohamad Refansa Rafly (2023) Fenomena stereotyping mahasiswi bercadar di kalangan Mahasiswa UINSA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Refansa Rafly Pasa_E92219066 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stereotip termasuk salah satu hal negatif yang membayangi mahasiswi bercadar. Stereotip adalah wacana-wacana negatif yang terjadi karena adanya problematika dari fenomena sebagai cara pandang. Cara pandang negatif individu yang melandasi proses stereotyping yang terstruktur dari waktu ke waktu, seperti stereotip mahasiswi bercadar. Pada penelitian kali ini membahas stereotyping mahasiswi bercadar yang dilakukan oleh mahasiswa UINSA, dengan menjawab rumusan masalah pertama bagaimana fenomena stereotyping mahasiswa bercadar pada mahasiswa UINSA, kedua bagaimana teori interaksionisme simbolis mengkaji fenomena penggunaan cadar pada mahasiswa UINSA. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan jenis penelitian menggunakan kualitatif yang menghasilkan data berupa gambaran stereotyping pada mahasiswi bercadar yakni mahasiswa sudah berani menyatakan bahwa cadar termasuk simbol identik dengan terorisme seperti yang banyak distereotipkan dan temuan makna dari pemakaian cadar, yakni cadar bermakna sebagai simbol perlawanan perempuan untuk menjaga hak dan martabatnya, bermakna sebagai simbol lingkungan yang baik, dan sebagai simbol ketaqwaan kepada Allah SWT. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teori identitas sosial untuk membedah proses stereotyping dan teori interaksionisme simbolis untuk membedah fenomena penggunaan cadar. Hasil penelitian menunjukkan adanya stereotyping terhadap perempuan bercadar dan alasan dari perempuan memakai cadar sebagai upaya mengatasi problematika stereotip demi menunjukkan kesalahan yang ada pada stereotip mahasiswi bercadar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pasa, Mohamad Refansa Raflymuhamadrefansa744@gmail.comE92219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, HaqqulUNSPECIFIED197202132005011007
Subjects: Budaya Islam
Golongan Sosial
Jilbab
Keywords: Stereotyping; stereotip; mahasiswi bercadar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: M. Refansa Refansa Rafly Pasa
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:13
Last Modified: 10 Aug 2023 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64238

Actions (login required)

View Item View Item