Pengaruh media pembelajaran papan putar terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas V MI Al Ikhlas Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zein, Nadila (2023) Pengaruh media pembelajaran papan putar terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas V MI Al Ikhlas Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadila Zein_D97219093 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas V MI Al Ikhlas Surabaya. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media dalam menyampaikan materi sehingga bosan, kurang antusias dan kurang kertarik untuk mengikuti proses pembelajaran Matematika, dimana hal tersebut membuat hasil belajar rendah. Dengan demikian perlu adanya perbaikan pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar Matematika materi bangun ruang balok dan kubus menjadi lebih baik. Penggunaan media pembelajaran papan putar diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah pada materi bangun ruang siswa kelas kelas V di MI Al Ikhlas Surabaya. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan putar terhadap hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V di MI Al Ikhlas Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitiannya adalah experiment dengan desain bentuk one grub pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V sebagai kelas Eksperimen tanpa kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu berupa tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum diberikan perlakuan (treatment) tiga kali, dilakukan tes awal (pre-test), kemudian diberikan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika sebelum diberikan perlakuan mendapatkan nilai pre-test dengan rata-rata sebesar 53, sedangkan sesudah diberikan perlakuan hasil belajar Matematika bangun ruang balok dan kubus mendapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 79. Dari nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa terjadi pengaruh nilai sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran papan putar siswa kelas V MI Al Ikhlas Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran papan putar terhadap hasil belajar Matematika, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t menggunakan uji paired sample test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau sig, < 0,05. Sehingga media pembelajaran papan putar berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas V MI Al-Ikhlas Surabaya. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha di terima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zein, Nadilazeinnadila967@gmail.comD97219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Papan Putar; Hasil Belajar Matematika; Bangun Ruang Kubus dan Balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadila Zein
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:25
Last Modified: 31 Aug 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64258

Actions (login required)

View Item View Item