Perancangan E-Sport Centre di Surabaya dengan pendekatan Eco-Tech Architecture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Acyuta Athallah (2023) Perancangan E-Sport Centre di Surabaya dengan pendekatan Eco-Tech Architecture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Acyuta Athallah Ramadhan_H93219035 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan E-Sport di Surabaya menunjukkan perkembangan yang signifikan pada tahun 2020 hingga 2022 saat ini. Setiap menggelar event, pesertanya selalu membeludak, bukan hanya dari Surabaya saja, namun kota-kota di luar Jawa Timur. Sehingga diperlukan adanya perancangan bangunan E-Sport Centre yang mampu menaungi berbagai macam kegiatan komunitas E-Sport. Konsumsi listrik yang tinggi dalam operasional E-Sport Centre menjadi permasalahan dalam energi kalor. Dengan mengimplementasikan pendekatan Eco-Tech, E-Sports Center dapat dirancang sedemikian rupa sehingga mengoptimalkan efisiensi energi, memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana, serta mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekitarnya. Penerapan teknologi yang ramah lingkungan seperti penggunaan peralatan hemat energi, sistem pengaturan suhu yang efisien, pemanfaatan energi terbarukan, dan manajemen limbah yang baik dapat menjadi bagian dari desain E-Sports Center yang berkelanjutan.Hasil perancangan di dapatkan dengan menerapkan prinsip dalam pendekatan eco-tech architecture, dimana bangunan mampu mengatasi efisiensi energi tanpa membatasi fungsi bangunan yang digunakan. Dalam Tugas Akhir ini, judul yang diambil adalah "Perancangan E-Sport Centre di Surabaya dengan Pendekatan Eco Tech Architecture". Tujuan utama dari perancangan e-Sports Center ini adalah menciptakan sebuah tempat yang dapat menampung semua kegiatan yang terkait dengan e-Sports. Untuk memenuhi kegiatan tersebut, bangunan e-Sports Center ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang mencakup semua kebutuhan yang diperlukan. Dalam perancangan e-Sports Center di Surabaya ini, pendekatan yang digunakan adalah Eco Tech Architecture, yang bertujuan untuk menggabungkan teknologi dengan alam. Hal ini bertujuan untuk menciptakan bangunan yang dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan efisien, sehingga menghasilkan penggunaan energi yang lebih hemat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Acyuta Athallahyuta.ramadhan46@gmail.comH93219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA’yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id, priantokusnul@gmail.com2002047903
Subjects: Arsitektur
Game Online
Ekologi
Keywords: E-sports Centre; Surabaya; Eco-Technology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Acyuta Athallah Ramadhan
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:50
Last Modified: 11 Aug 2023 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64259

Actions (login required)

View Item View Item