Perancangan performing Art Center dengan pendekatan Placemaking di Kota Bekasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prakoso, Dandi Dwi (2023) Perancangan performing Art Center dengan pendekatan Placemaking di Kota Bekasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dandi Dwi Prakoso_H03219002 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seni pertunjukan merupakan kesenian yang melibatkan berbagai objek seperti penggarap, pemain ataupun kru, serta seni yang ditampilkan secara langsung dan berbagai unsur-unsurnya dengan syarat-syaratnya seperti waktu, ruang serta hubungan penampil dan penonton. Seni pertunjukan adalah kegiatan di luar kegiatan kerja sehari-hari. Seni dan kerja dipisahkan. Seni adalah kegiatan di waktu senggang yang berarti kegiatan diluar jam-jam kerja mencari nafkah. Karya seni yang terkait dengan konsep estetika mulai mengalami perubahan pada awal abad ke-20. Seniman dan masyarakat menginginkan perubahan dan kebaruan pada karya seni disaat seni yang lain tidak bisa lagi menampung ide dari para seniman untuk berekspresi. Para seniman tidak puas dengan nilai-nilai konvensional pada karya seni yang terkesan eksklusif dan kaku, sehingga seniman mencoba keluar dari paham tersebut. Performing Arts Center atau ruang seni pertunjukan. Seni Pertunjukan Dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa tipe auditorium, yaitu teater drama, bioskop, ruang konser, sanggar/teater tari, rumah opera, dan teater music. Pusat Seni Pertunjukan adalah sebuah yang berisi kombinasi dari auditorium panggung teater, ruang konser, dan ruang eksibisi seni. Fungsi dari pendekatan placemaking sendiri yaitu pendekatan perencanaan dan pengelolaan ruang publik melalui masyarakat. Placemaking dapat menciptakan destinasi wisata yang menonjolkan karakter dan elemen untuk memberikan makna baru dari suatu tempat. Placemaking digunakan dalam perancangan ruang publik. Pengaplikasian berfokus pada ruang publik, pendekatan ini diharapkan mampu menjadi ruang-ruang yang berguna sebagai sarana pemenuhan kebutuhan ruang sosial dan public.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prakoso, Dandi Dwidandisocute@gmail.comH03219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Performing Art Center; Placemaking; Bekasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dandi Dwi Prakoso
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:22
Last Modified: 14 Aug 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64260

Actions (login required)

View Item View Item