Studi pengelolaan limbah medis padat rumah sakit umum daerah (RSUD) Blambangan Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Ahlis Surya (2023) Studi pengelolaan limbah medis padat rumah sakit umum daerah (RSUD) Blambangan Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahlis Surya Hadi_H05218004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, pelayanan gawat darurat, pelayanan medis dan non medis. WHO mengkategorikan limbah rumah sakit sebagai limbah yang beresiko dan limbah yang tidak beresiko, limbah beresiko ada sekitar 15% dimana 5% adalah limbah menular dan 10% adalah limbah yang tidak menular, dan serangan dari wabah COVID-19 menambah jumlah timbulan limbah medis rumah sakit. RSUD Blambangan adalah salah satu rumah sakit rujukan bagi warga Banyuwangi dimana setiap hari RSUD selalu menghasilkan limbah medis, dimana masih terdapat ketidaksesuaian dalam pengelolaan limbah medis yang dilakukan oleh pihak RSUD Blambangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk dapat mendapatkan jumlah timbulan dan jenis limbah yang dihasilkan RSUD Blambangan dihitung menggunakan SNI 19-3694-1994”Tentang Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi Limbah Perkotaan untuk Fasilitas Umum dan menganalisa pengelolaan limbah medis padat RSUD Blambangan dengan melakukan pengamatan langsung didikung menggunakan data sekunder. Jumlah timbulan dan komposisi limbah medis padat RSUD Blambangan Banyuwangi adalah limbah infeksius non benda tajam sebesar 120,0 kg/hari (82%), limbah infeksius benda tajam sebesar 16,56 kg/hari (12%), dan limbah farmasi sebesar 8,40 kg/hari (6%). Kondisi eksisting pengelolaan limbah medis padat RSUD Blambangan Banyuwangi meliputi pemilahan, pewadahan, pengangkutan, penyimpanan sementara, dan pengolahan. Pengelolaan limbah medis masih terdapat ketidaksesuaian dengan peraturan pemerintah tentang pengelolaan limbah medis padat rumah sakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Ahlis Suryaahlissurya22@gmail.comH05218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Lingkungan Hidup
Rumah Sakit
Keywords: Limbah medis padat; limbah infeksius non benda tajam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ahlis Surya Hadi
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:39
Last Modified: 10 Aug 2023 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64261

Actions (login required)

View Item View Item