Implementasi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan Genta English course Pare, Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisafitri, Anggun (2023) Implementasi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan Genta English course Pare, Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Anisafitri_G02219005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada saat melakukan survei di Genta English Course, diketahui bahwa lembaga melakukan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas saja setiap harinya. Omzet yang diperoleh tiap tahunnya mencapai ± Rp 1 Milyar yang termasuk pada kriteria usaha mikro. Namun, lembaga belum melakukan penyusunan laporan keuangan hanya mencatat laporan uang yang masuk dan uang yang keluar secara manual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis laporan keuangan yang disusun oleh Genta English Course serta mengetahui kendala-kendala yang dialami Genta pada saat penyajian laporan keuangan. Penelitian ini berupa studi kasus dengan pendekatan deskirptif kualitatif dan menggunakan data primer serta data sekunder. Peneliti menggunakan data primer dengan mewawancarai informan dari pihak internal lembaga Genta. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, yang mana membandingkan antara observasi, wawancara dan dokumentasi serta membandingkan wawancara dari informan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Genta belum mengimplementasikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM). Oleh karena itu, peneliti mengimplementasikan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM, meliputi laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan catatan atas laporan keuangan (CALK). Sehingga, dapat diketahui bahwa aset yang dimiliki Genta sebesar Rp 2.772.527.033,33 dan laba bersih yang diperoleh sebesar Rp 10.364.700,00. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Genta English Course belum mengimplementasikan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Sehingga, peneliti mengimplementasikan laporan keuangan Genta pada tahun 2021 berdasarkan SAK EMKM. Dalam hal ini terdapat kendala-kendala yang dialami oleh Genta yaitu rumitnya laporan keuangan yang sesuai SAK EMKM, minimnya pengetahuan akuntansi pada sumber dayanya, kurangnya kesadaran untuk menerapkan laporan keuangan sesuai SAK EMKM, kurangnya monitoring atau sosialisi terkait penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisafitri, Anggung02219005@student.uinsby.ac.idG02219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Subjects: Akuntansi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: SAK EMKM; laporan keuangan; Genta English
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Anggun Anisafitri
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:04
Last Modified: 14 Aug 2023 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64265

Actions (login required)

View Item View Item