Analisis humanisme Jorge Gracia terhadap pemikiran humanisme Gus Dur dalam melawan radikalisme agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Gita Miftakhul (2022) Analisis humanisme Jorge Gracia terhadap pemikiran humanisme Gus Dur dalam melawan radikalisme agama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Miftakhul Jannah_E91217035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gus Dur adalah seorang ulama dari pemilik garis kebangsaan dengan memiliki nasab yang sampai pada Rasullah SAW, sekaligus pendiri dari salah satu sebuah organisasi Islam yang sangat eksis hingga sekarang ini yakni Nahdlatul Ulama (NU). Gus Dur mengawali karirnya sebagai salah satu peneliti LP3ES (Lembaga Peneliti, Pendidikan, dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial) di tahun 1971, oleh karena itu banyaknya kebutuhan yang tidak sebanding dengan bayaran yang didapatnya. Namun tujuan dan skripsi ini adalah untuk mengungkapkan sebuah makna baru yang tersembunyi dibalik pemikiran Gus Dur dengan cara memberikan pandangan baru. Adapaun dengan pembaruan makna dan konsep dengan cara mengontekskan ulang pemikiran Humanisme Gus Dur dari zaman dulu hingga ke zaman sekarang, sehingga nanti akan menimbulkan pemikiran yang masih relevan atau tidak. Dengan menggunakan teori Hermeneuti Jorge Gracia sebagai pisau analisisnya. Istilah melawan radikalisme Agama sebuah paham yang berdampak untuk memilih aksinya didalam kekerasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Gita MiftakhulGitamiftakhul7@gmail.comE91217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Gus Dur; radikalisme agama; hermeneutika Gracia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: GITA MIFTAKHUL JANNAH
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:31
Last Modified: 18 Aug 2023 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64270

Actions (login required)

View Item View Item