Peningkatan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut melalui media roda putar pada siswa kelas IV: studi kasus di MI At Tauhid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijayanti, Sonnia Nur (2023) Peningkatan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut melalui media roda putar pada siswa kelas IV: studi kasus di MI At Tauhid Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonnia Nur Wijayanti_D97219104 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar Matematika siswa yang rendah. Hal ini diketahui melalui hasil pretest Matematika materi pengukuran sudut yang menunjukkan bahwa hanya 10 dari 32 siswa memperoleh nilai di atas KKM. Permasalahan lain juga terjadi akibat kurangnya media yang tersedia di sekolah dan proses belajar mengajar yang monoton. Dengan demikian, perlu adanya perbaikan pembelajaran menggunakan media pendukung. Media pendukung yang dapat digunakan adalah media roda putar dalam materi pengukuran sudut pada bangun datar. Penelitian ini memiliki tujuan yakni: 1) Untuk mengetahui penerapan media roda putar yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV MI At Tauhid Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV MI At Tauhid Surabaya dengan menggunakan media roda putar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan. 2) Tindakan. 3) Observasi. 4) Rfleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI At Tauhid Surabaya dengan jumlah siswa 37 siswa. Teknik obeservasi yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media roda putar dapat diterapkan pada materi pengukuran sudut di kelas IV MI At Tauhid Surabaya dengan baik. Hal ini ditunjuukan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 92 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,72, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,83 meningkat pada siklus II menjadi 86,11. Tindakan berhenti pada siklus II dikarenakan nilai observasi aktivitas guru dan siswa telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal sebesar 76. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VI MII At Tauhid Surabaya melalui media roda putar pada materi pengukuran sudut. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pra siklus sebesar 55,47, kemudian meningkat pada siklus I yaitu 66,80 dan pada siklus II menjadi 84,61. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 31,25%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 56,25%, dan pada siklus II sebesar 84,38%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijayanti, Sonnia Nursonniawijayanti2208@gmail.comD97219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Hasil belajar matematika; media roda putar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sonnia Nur Wijayanti
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:36
Last Modified: 14 Aug 2023 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64272

Actions (login required)

View Item View Item