Mediatisasi toleransi di media sosial: analisis konten kanal youtube jeda nulis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asih, Agil Setia (2023) Mediatisasi toleransi di media sosial: analisis konten kanal youtube jeda nulis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agil Setia Asih_E92219050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pendakwah yang memanfaatkan media sosial sebagai media berdakwah. Islam yang ditampilkan dalam media sosial sebagai islam yang kaku, keras bahkan diskriminatif, yang mana berbanding terbalik dengan misi islam sebagai agama cinta, toleran dan humanis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya Husein Ja’far al-Hadar dalam menyebarkan dan mengonstruksi nilai-nilai islam yang toleran melalui youtube Jeda Nulis. Penelitian ini masuk dalam jenis kualitatif dengan metode digital research. Sumber penelitian berasal dari observasi pada youtube Jeda Nulis. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan pandangan Stig Hjarvard bahwa mediatisasi agama menjadikan aktor agama dapat menggunakan media untuk tujuan mereka sendiri. Namun dalam prosesnya, media keagamaan akhirnya membawa agama ke dalam kotak yang besar dengan nilai-nilai dan budaya media yang lebih luas. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, proses mediatisasi toleransi dapat dikategorikan menjadi tiga bentuk yaitu oral, serial dan tekstual. Ketiga bentuk ini dikemas dengan mengadopsi budaya populer serta disampaikan dengan bahasa yang sederhana, kekinian dan menghibur. Kedua, konstruksi nilai-nilai toleransi berisi berbuat baik kepada sesama serta sikap inklusif dalam beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asih, Agil Setiaagilsetia13@gmail.comE92219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Toleransi
Keywords: Mediatisasi; toleransi; youtube jeda nulis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Agil Setia Asih
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:04
Last Modified: 23 Aug 2023 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64281

Actions (login required)

View Item View Item