Eksistensi tradisi Ndudut Mantu: studi etnografi di Desa Kandangsemangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misovi, Oillya Izzatun Annifah Putri (2023) Eksistensi tradisi Ndudut Mantu: studi etnografi di Desa Kandangsemangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oillya Izzatun Annifah Putri Misovi_A92219108 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1). Bagaimana meminang dalam sejarah Islam di Indonesia tepatnya di Jawa? 2). Bagaimana eksistensi Tradisi Ndudut Mantu di Desa Kandangsemangkon? 3). Bagaimana prosesi Tradisi Ndudut Mantu di Desa Kandangsemangkon?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yaitu langkah untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif dengan tahapan mengumpulkan (heuristik), mengkritik (verivikasi), dan menafsirkan data (interpretasi) untuk menegakkan fakta dan kesimpulan yang kuat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan etnografi statis, serta menggunakan teori nilai yang dikemukakan oleh Max Scheler. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Tradisi Ndudut Mantu tercatat telah ada sejak masa kerajaan ketika Raden Panji Puspokusumo menjabat sebagai Tumenggung Lamongan. Tradisi Ndudut Mantu sangat unik karena perempuanlah yang harus melamar laki-laki, dalam Islam telah dicontohkan oleh Khadijah yang melamar Rasulullah, 2. Tradisi Ndudut Mantu di Desa Kandangsemangkon masih dilaksanakan sampai sekarang namun tidak merata, hanya ada di sebagian masyarakat saja. Adapun Desa Kandangsemangkon sendiri berada di sepanjang wilayah Paciran bagian utara, 3. Prosesi Tradisi Ndudut Mantu berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber terkait terdiri dari delapan tahapan yaitu; tahap Ndudut Mantu, Ngolek Dino, Melandang, Kenduri, Nonjok, Ngundang Mantu, dan Mboyong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misovi, Oillya Izzatun Annifah Putrioillyaizzatun@gmail.comA92219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorZulaili, Iin Nuriinzulaili13@gmail.com199503292020122027
Subjects: Tradisi Islam
Keywords: Islam; Ndudut Mantu; lamaran; perempuan; laki-laki
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Oillya Izzatun Annifah Putri Misovi
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:07
Last Modified: 14 Aug 2023 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64294

Actions (login required)

View Item View Item