Pengembangan media Jurnal Rasa berbasis Islamic Narrative Therapy untuk menumbuhkan penerimaan diri pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Ulfa Aulia (2023) Pengembangan media Jurnal Rasa berbasis Islamic Narrative Therapy untuk menumbuhkan penerimaan diri pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfa Aulia Handayani_B73219092 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian RnD berupa pengembangan media berbentuk journaling dalam menumbuhkan penerimaan diri pada remaja. Tujuannya yakni membantu remaja dalam mengenali diri dan kebutuhannya dalam hidup bermasyarakat. Tahapan dalam penelitian ini melalui delapan tahapan dari sepuluh jumlah tahapan dalam penelitian jenis RnD, yakni (1) potensi atau masalah, (2) pengumpulan data dan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) uji coba pemakaian, menyisakan dua tahapan terakhir, yakni revisi produk dan produksi produk secara massal. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu: (1) Media Jurnal Rasa yang diadopsi dari teknik dalam terapi naratif berbasis islami dalam pengembangannya sesuai untuk membantu menumbuhkan penerimaan diri remaja didukung oleh adanya kajian teori, (2) Hasil uji ahli media dengan rata-rata akhir penilaian 83% membuktikan tingkat kemudahan penggunaan media ini tinggi, dan (3) Media Jurnal Raa efektif dalam membantu menumbuhkan penerimaan diri remaja dibuktikan dengan hasil pretest-posttest konseli dalam uji pemakaian produk dengan nilai 33-53.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Ulfa Auliaaauliaulf@gmail.comB73219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Remaja
Terapi
Keywords: Jurnal; terapi naratif Islami; penerimaan diri; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ulfa Aulia Handayani
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:31
Last Modified: 15 Aug 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64297

Actions (login required)

View Item View Item