Wabah corona dalam al-Qur'an perspektif M. Quraish Shihab dalam e-Book corona ujian Tuhan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farhan, Achmad (2023) Wabah corona dalam al-Qur'an perspektif M. Quraish Shihab dalam e-Book corona ujian Tuhan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Farhan_E93219073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wabah virus Corona baru yang muncul di tahun 2019 telah membuat gempar hampir di seluruh penjuru dunia. Karena virus Corona ini termasuk ke dalam wabah penyakit yang paling berbahaya. Selain itu virus Corona juga dinilai mampu menyebar, menular, serta menjangkiti orang lain dengan sangat cepat. Maka segala macam tindakan sangatlah diperlukan guna menahan serta melawan penyebaran dan penularan virus Corona. Tindakan tersebut tidak hanya berasal dari ilmu kesehatan dan medis saja. Sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan, tentu juga dibutuhkan sesosok tokoh agamawan yang mampu memberikan pemahaman yang sesuai dengan ajaran agama serta solusi dalam menghadapi wabah virus Corona ini. Sebagai seorang muslim, M. Quraish Shihab berusaha memberikan apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh umat muslim melalui e-book Corona Ujian Tuhan yang ditulis olehnya, yakni pemahaman serta bagaimana cara yang sesuai dalam menghadapi wabah virus Corona ini sesuai dengan ajaran agama Islam. Metode penelitian kali ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni menghimpun serta mendeskripsikan karya-karya M. Quraish Shihab baik berupa buku maupun kitab tafsirnya dan juga menghimpun berbagai macam sumber seperti buku, jurnal ataupun karya ilmiah lainnya dan fokus pembahasannya mengenai wabah Corona. Guna memberikan gambaran serta jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapi, penelitian akan berfokus membahas mengenai bagaimana M. Quraish Shihab mendefinisikan wabah virus Corona dalam penafsiran ayat-ayat al-Qur’an, dan mengapa M. Quraish Shihab menganggap wabah virus Corona sebagai ujian Tuhan. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa berdasarkan al-Qur’an surat Shad ayat 41, M. Quraish Shihab menganggap virus Corona ini sebagai gangguan setan, karena gangguan tersebut memiliki sifat tersembunyi seperti makhluk halus. Karena virus Corona bukan menimpa manusia durhaka dan tidak taat saja, melainkan juga tidak sedikit hamba-hamba Allah yang taat juga dapat terserang oleh wabah virus Corona ini, Maka M. Quraish Shihab menilai bahwa wabah virus Corona ini merupakan ujian dari Tuhan. Karena jika wabah virus Corona merupakan azab atau siksa, maka seharusnya Allah akan menyelamatkan hamba-Nya yang taat terlebih dahulu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farhan, Achmadachmadfrhn15@gmail.comE93219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Agama
Islam
Al Qur'an
Keywords: M. Quraish Shihab; corona
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Achmad Farhan
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:30
Last Modified: 15 Aug 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64306

Actions (login required)

View Item View Item