Strategi kepemimpinan kyai dalam mengelola konflik di Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharismawati, Siti (2023) Strategi kepemimpinan kyai dalam mengelola konflik di Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Kharismawati_D93219102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kehidupan pesantren yang terdiri dari kyai,tenaga pendidik, santri hingga pihak eksternal yang mencakup wali santri serta masyarakat sekitar pondok pesantren, tentu konflik juga kerap muncul diantara mereka. Kehidupan di pesantren yang bersifat majemuk ini yang tentu akan selalu ada konflik didalamnya dan tidak akan ada habisnya. Mengingat bahwa konflik merupakan bagian dari kehidupan, maka manusia akan selalu berjalan beriringan dengan konflik-konflik yang dialami dan baru akan berakhir apabila berakhir pula sebuah kehidupan. Peran kepemimpinan kyai dalam mengelola konflik di pondok pesantren menentukan keberlangsungan konflik yang terjadi. Kepemimpinan kyai sebagai pemegang kuasa tertinggi dalam lingkungan pesantren memberikan pengaruh konstruktif terhadap masyarakat di pesantren dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu keberhasilan atau kegagalan suatu pesantren dalam menghadapi konflik sebagian besar dipengaruhi oleh strategi kepemimpinan kyai dalam mengendalikan sumber daya tenaga pendidikan didalamnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun prosesanalisis data dengan menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Strategi kepemimpinan kyai di Pondok Pesantren Al Fattah dimulai dengan perencanaan penentuan visi misi, tujuan organisasi, pengembangan strategi dan kebijakan yang digunakan dengan tetap memerhatikan kondisi internal pondok pesantren, (2) Pengelolaan konflik di Pondok Pesantren Al Fattah menggunakan beberapa metode pengelolaan konflik dan dalam penggunaanya disesuaikan dengan bentuk atau jenis konflik yang sedang terjadi, (3) Strategi kepemimpinan kyai dalam mengelola konflik di Pondok Pesantren Al Fattah dengan menerapkan beberapa prosedur dalam pengelolaannya yang meliputi pengenalan terhadap konflik yang sedang terjadi, melakukan diagnosis konflik, menyepakati solusi, mengimplementasikan solusi dari suatu konflik dan diakhiri dengan evaluasi yang dilakukan secara rutin setiap seminggu sekali oleh kyai dan tenaga pendidik yang ada di pondok pesantren Al Fattah Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharismawati, Sitiskharisma56@gmail.comD93219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifa’i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: strategi kepemimpinan; kyai; konflik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Kharismawati
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:10
Last Modified: 15 Aug 2023 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64307

Actions (login required)

View Item View Item