Kritik terhadap strategi penguatan moderasi beragama Kementerian Agama: analisis wacana kritis Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyono, Hafid Budi (2023) Kritik terhadap strategi penguatan moderasi beragama Kementerian Agama: analisis wacana kritis Norman Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafid Budi Cahyono_E91219077 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi penguatan moderasi beragama yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI dengan berfokus pada kritik. Pada teori AWK Norman Fairclough dijelaskan bahwa penggunaan bahasa atau teks selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga dapat digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan sebuah wacana atau ideologi yang sering kali terselip di dalamnya. Pemerintah melalui Kementerian Agama memberikan kebijakan strategi penguatan moderasi beragama bertujuan untuk menurunkan konflik yang mengatasnamakan agama di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu; untuk mengetahui kritik strategi penguatan moderasi beragama Kementerian Agama RI dengan perspektif Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, akan tetapi metode penelitian kualitatif ini tidak seperti biasanya yaitu dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berbasis library research. Hal pertama yang bisa dilakukan dalam penelitian yang berbasis library research adalah dengan cara melakukan observasi dengan mengumpulkan berbagai data yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima strategi yang digunakan Kementerian Agama dalam menjalankan arah kebijakan strategi penguatan moderasi beragama di Indonesia yaitu 1) Penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama jalan tengah, 2) Penguatan harmoni dan kerukunan umat beragama, 3) Penyelarasan relasi agama dan budaya, 4) Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama dan 5) Pengembangan ekonomi dan Sumber daya Keagamaan. Akibat dari diterbitkan kebijakan tersebut tentu menimbulkan interpretasi pro dan kontra dalam masyarakat. Pada penelitian ini berisi himpunan dari berbagai oknum atau kelompok yang cenderung kontra terhadap kebijakan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyono, Hafid Budihafidcahyono0910@gmail.comE91219077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Ideologi Islam
Kebijakan Publik
Kerukunan Beragama
Pluralisme
Keywords: Moderasi Beragama; Kritik; Analisis Wacana Kritis; Norman Fairclough
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hafid Budi Cahyono
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:58
Last Modified: 16 Aug 2023 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64320

Actions (login required)

View Item View Item