Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Plickers terhadap kemampuan penalaran Matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Rifdah Thufaillah (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Plickers terhadap kemampuan penalaran Matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifdah Thufaillah Ramadhani_D04218012 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan prasyarat bagi peserta didik untuk memahami matematis. Penalaran matematis memiliki 4 indikator diantaranya mengajukan dugaan, manipulasi matematika, menyusun bukti dan menarik kesimpulan. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan penalaran matematis rendah adalah pembelajaran yang banyak didominasi oleh guru. Maka dari itu diperlukan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk mengarahkan peserta didik untuk beraktivitas secara aktif, kreatif, inovatif dan kolaboratif. Selain model pembelajaran pemilihan media juga dapat membantu guru supaya kegiatan di kelas tidak monoton. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Plickers. 2) mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Plickers. 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Plickers terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Taman. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun kelas yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 peserta didik masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data berupa tes uraian sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu menggunakan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian yang diperoleh ialah: 1) kemampuan penalaran matematis peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran berada pada kategori cukup. Indikator kemampuan penalaran matematis peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran diperoleh bahwa kemampuan mengajukan dugaan, manipulasi matematika dan menyusun bukti berada pada kategori baik dan kemampuan menarik kesimpulan pada kategori kurang, 2) kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Indikator kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran diperoleh bahwa kemampuan mengajukan dugaan, manipulasi matematika dan menyusun bukti berada pada kategori sangat baik dan kemampuan menarik kesimpulan pada kategori baik, 3) hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa H_1 diterima yang berarti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT berbantuan media Plickers berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Rifdah Thufaillahrthufaillahramadhani@gmail.comD04218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran KOOPERATIF tipe TGT; Plickers; kemampuan penalaran matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rifdah Thufaillah Ramadhani
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:46
Last Modified: 21 Aug 2023 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64342

Actions (login required)

View Item View Item