Efektivitas model pembelajaran think talk write (ttw) terhadap keterampilan komunikasi sains peserta didik di MTs Negeri Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akyun, Qonita Kurrotul (2023) Efektivitas model pembelajaran think talk write (ttw) terhadap keterampilan komunikasi sains peserta didik di MTs Negeri Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qonita Kurrotul A_D0A219009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komunikasi sains pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Bangkalan. Hal ini disebabkan karena model yang diterapkan adalah model konvensional yang hanya berpaku pada diskusi, khususnya pada materi cermin cekung, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil komunikasi sains siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yang di harapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap keterampilan komunikasi sains siswa kelas VIII di MTs Negeri Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, dengan kategori baik, adanya perbedaan hasil pretest dan post test saat menggunakan model TTW dan konvensional, selain itu dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. dan terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) tergolong dengan kategori tinggi. Dilihat hari hasil n-gain sebesar 0.82 kategori tinggi ini berarti terjadi peningkatakan komunikasi sains. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi cermin cekung pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akyun, Qonita Kurrotulnitaaqyun@gmail.comD0A219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; pembelajaran think talk write; keterampilan komunikasi sains; siswa MTsN Bangkalan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Qonita Kurrotul Akyun
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:53
Last Modified: 25 Sep 2023 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64353

Actions (login required)

View Item View Item